Bertolak Belakang Dengan Kebijakan Era Trump, Kini AS Kucurkan Bantuan Ke Palestina Sebesar Rp216 Milyar

  • Bagikan
Bertolak Belakang Dengan Kebijakan Era Trump, Kini AS Kucurkan Bantuan Ke Palestina Sebesar Rp216 Milyar
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Amerika Serikat pada pekan ini mengumumkan keputusan untuk memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 15 juta dolar AS (Rp216,39 miliar) kepada rakyat Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

“Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) menyediakan dana ini untuk menangani kebutuhan kemanusiaan yang paling mendesak dan menyelamatkan jiwa di Tepi Barat dan Gaza,” ungkap Departemen Luar Negeri (Deplu) AS dalam pernyataan yang dikutip dari Alarabiyah, Jumat (26/3/2021).

Pengumuman itu adalah langkah lain yang diambil Pemerintah AS di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden untuk membalikkan berbagai kebijakan kontroversial di era Donald Trump terhadap Palestina.

Saat masih menjabat, Trump menghentikan bantuan AS untuk badan PBB yang membantu pengungsi Palestina (UNRWA).

Politikus Partai Republik itu juga menutup kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington DC. Trump bahkan juga memindahkan kantor kedutaan AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Sementara, Biden berjanji untuk mengembalikan bantuan ke Palestina sebagai salah satu langkah yang akan dia ambil untuk menolong negara Arab itu.

“Dengan bantuan ini, USAID mendukung upaya tanggap Covid-19 dari (organisasi)Catholic Relief Services di fasilitas perawatan kesehatan dan komunitas yang terkena dampak di seluruh Tepi Barat dan Gaza,” kata Deplu AS.

Menurut kementerian itu, bantuan tersebut juga mendukung program bantuan pangan darurat di masyarakat Palestina yang menghadapi rawan pangan, yang diperburuk oleh pandemi Covid-19.

“Langkah kecil dalam memajukan kesejahteraan rakyat Palestina ini sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai Amerika,” bunyi pernyataan itu lagi.

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield mengatakan, bantuan itu akan membawa lebih banyak stabilitas dan keamanan, baik bagi orang-orang Israel maupun Palestina.(Din)

 

  • Bagikan