Waduh, Masih Ada 99 RT Terendam Banjir di Jakarta

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat terdapat 99 RT di Jakarta yang terendam banjir hari ini. Rinciannya, ada 3 RT di Jakarta Barat dan 96 RT di Jakarta Timur.

Banjir di Jakarta Barat terjadi karena hujan lokal dan tidak ada warga yang mengungsi. Sementara, banjir di Jakarta Timur terjadi karena hujan serta luapan PHB alias saluran penghubung Sulaiman dan Kali Sunter. Ada 694 orang yang masih mengungsi.

“Seluruh genangan sedang ditangani oleh jajaran Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta dan PPSU Kelurahan,” kata Plt Kepala Pelakasana BPBD DKI Sabdo Kurnianto dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Untuk di Jakarta Timur, khususnya di RW 02 dan RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, BPBD sedang melakukan pemompaan di PHB Sulaiman dan Kalimalang. “Harapannya, dapat surut dalam beberapa jam ke depan,” ujar dia.

Saat ini, jajaran BPBD Provinsi DKI Jakarta telah mendistribusikan logistik yang menjadi kebutuhan warga terdampak genangan, serta mendirikan tenda pengungsi dan posko BPBD.

Tak hanya itu, untuk memastikan warga terdampak genangan mendapatkan bantuan pangan maupun kebutuhan harian lainnya, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta juga telah mendirikan Dapur Umum dan menyalurkan sejumlah bantuan tersebut.

Salah satunya, yang telah dilakukan oleh Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur, yakni mengoperasikan dapur umum di GOR Jakarta Timur, Jl. Otista, Cipinang Cempedak, Jatinegara.

“Untuk tahap awal, 20 anggota Tagana yang bertugas di dapur umum akan menyiapkan 2.530 boks makanan siap saji termasuk air mineral untuk kebutuhan makan siang dan malam warga yang terdampak genangan,” ungkap Sabdo.[prs]

  • Bagikan