1

Selama 2020, MA Jatuhkan Sanksi Disimplin terhadap 97 Hakim

Realitarakyat.com – Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin, mengatakan bahwa pihaknya bersama Komisi Yudisial telah menggelar sidang majelis kehormatan hakim (MKH) satu kalo selama tahun 2020. Sidang itu merupakan tindak lanjut ari 52 pengaduan yang ada.

“Sepanjang tahun 2020 Mahkamah Agung bersama-sama dengan Komisi Yudisial telah menggelar sidang MKH sebanyak satu kali dengan hasil akhir hukuman disiplin berupa sanksi berat Hakim Non Palu selama 2 tahun,” kata Syarifuddin, dalam acara Laporan Tahunan MA tahun 2020, Rabu (17/2/2021).

“Menyangkut surat rekomendasi penjatuhan sanksi disiplin yang berasal dari Komisi Yudisial yang diajukan ke Mahkamah Agung pada tahun 2020 berjumlah 52 rekomendasi, sebanyak 11 rekomendasi telah ditindaklanjuti dengan penjatuhan sanksi Sebanyak 41 rekomendasi tidak dapat ditindaklanjuti berdasarkan alasan 39 rekomendasi terkait dengan teknis yudisial, dan 2 rekomendasi karena terlapor sudah lebih dulu dijatuhi sanksi oleh Mahkamah Agung,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Syarifuddin mengatakan pihaknya juga telah menjatuhkan sanksi terhadap 162 yang terdiri dari hakim dan aparatur peradilan. Sebanyak 97 di antaranya merupakan hakim dan hakim ad hoc.

“Untuk jumlah dan jenis hukuman disiplin yang dijatuhkan kepada hakim dan aparatur peradilan termasuk rekomendasi dari Komisi Yudisial dalam periode tahun 2020 adalah sebanyak 162 hukuman disiplin,” ujarnya. (ndi)