Sebanyak 1.085 Hektare Sawah di Karawang Terendam Banjir

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sebanyak 1.085 hektare areal sawah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terendam banjir akibat meluapnya beberapa sungai dan tingginya curah hujan di daerah tersebut.

“Untuk sementara ini, luas sawah yang terendam banjir 1.085 hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian setempat Hanafi saat dihubungi di Karawang, Kamis (11/2/2021).

Areal sawah yang terendam banjir itu tersebar di 11 kecamatan Karawang. Menurut dia, jumlah areal sawah yang terendam banjir itu sifatnya masih sementara. Hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan areal sawah yang terendam.

“Banjir masih belum seluruhnya surut. Jadi, kami masih melakukan pendataan,” katanya.

Sementara itu, banjir yang terjadi selama beberapa hari terakhir, sesuai dengan data Diskominfo Karawang, telah merendam 11.044 rumah yang tersebar di 39 desa, 17 kecamatan Karawang.

Sebanyak 3.625 keluarga atau 8.648 jiwa mengungsi akibat banjir.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, banjir di Karawang tidak hanya dipicu tingginya curah hujan.

Namun juga terjadi akibat meluapnya beberapa sungai, seperti sungai Citarum, Cibeet, Cilamaya, dan sungai Cikaranggelam. [WS]

  • Bagikan