Connect with us

Politik

Prolegnas Prioritas 2021 Belum Disahkan, PPP Senayan Bantah Ada Tarik Ulur Kepentingan Fraksi

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi membantah adanya tarik ulur kepentingan fraksi-fraksi di DPR terhadap beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU), terkait belum disahkan-nya Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

“Tidak ada tarik ulur pendapat masing-masing fraksi terkait beberapa RUU,” kata Baidowi dalam keterangannya, Sabtu (13/2/2021).

Dia menjelaskan, dalam Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI pada Selasa lalu, para pimpinan fraksi menyepakati Prolegnas Prioritas 2021 ditunda untuk dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan.

Menurut Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu, dalam Rapat Bamus tersebut tidak ada perdebatan terkait sejumlah RUU sehingga Prolegnas 2021 belum bisa dibawa dalam Rapat Paripurna.

“Tidak ada perdebatan di Rapat Bamus terakhir, hanya sepakat (pengesahan Prolegnas 2021) ditunda menyikapi situasi terkini,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI mengesahkan 33 Rancangan Undang-Undang program legislasi nasional (RUU Prolegnas) Prioritas Tahun 2021 dalam Rapat Kerja bersama Menteri Hukum dan HAM dan DPD RI pada Kamis (14/1).

Dari 33 RUU tersebut terdiri dari 21 RUU usulan DPR, 10 RUU usulan Pemerintah, dan 2 RUU usulan DPD RI.

Namun hingga Rapat Paripurna DPR pada Rabu (10/2) dengan agenda Penutupan Masa Sidang III Tahun Sidang 2020-2021, Prolegnas belum bisa diambil keputusan.

Sesuai mekanisme di DPR, keputusan yang telah disepakati di tingkat Alat Kelengkapan Dewan (AKD) atau keputusan Tingkat I, harus dibawa dalam Rapat Paripurna untuk disetujui seluruh anggota DPR atau pengambilan keputusan Tingkat II.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Puan Tak Dikenal Warga, Ini Respon PDIP

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Politik

Sidak Dugaan Praktek Mafia Tanah di Siosar, Junimart: Kami Minta Pengukuran Ulang HGU

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang/Ist
Baca Berita

Politik

PPP Tak Setuju Usulan Pemerintah Pemilu Digelar Mei 2024

Diterbitkan

Pada

Penulis

Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi/Net
Baca Berita
Loading...