PPP Minta KPI Tindak Stasiun TV yang Siarkan Sinetron Tanpa Penerapan Prokes

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) angkat bicara mengenai kritikan presenter Deddy Corbuzier kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) soal penerapan protokol kesehatan di acara talkshow dan sinetron.

Menurut Ketua DPP PPP, Syaifullah Tamliha, KPI harus menindak media yang menayangkan sinetron tanpa menerapkan protokol kesehatan.

“KPI harus memberikan pelajaran agar media yang menayangkan sinetron tanpa protokol kesehatan mesti ditindak, karena media tersebut jelas-jelas melanggar prokes tersebut,” kata elite PPP Syaifullah Tamliha kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

Lebih lanjut, Tamliha menilai KPI memiliki kewenangan menindak media yang tak taat prokes. Ia juga berharap KPI tidak melakukan tebang pilih terhadap media yang menayangkan sinetron tanpa prokes.

“Gunakan kewenangan yang dimiliki KPI,” tuturnya.

Menurut anggota Komisi I DPR RI itu, KPI juga harus sensitif terhadap situasi normal baru pandemi COVID-19. Karena itu, ia menyarankan KPI ikut melakukan penyesuaian.

“KPI juga mesti menyesuaikan zaman dengan sensitif terhadap kehidupan normal baru agar para artis juga terselamatkan,” tuturnya.

Sebelumnya, artis dan presenter Deddy Corbuzier mempertanyakan soal aturan protokol kesehatan dari KPI. Dia bingung soal aturan pemakaian masker.

Deddy tak menyoal jika protokol kesehatan dalam proses produksi film atau sinetron sudah diterapkan secara baik. Dia khawatir ketika adegan dalam sinetron tak memakai masker justru jadi cerminan di masyarakat.

“Gua ini lagi bingung sama aturan KPI, Komisi Penyiaran Indonesia. Kan gua punya talk show, talk show gua duduknya jauh-jauh, tidak berdiri, tidak salam-salam, sudah mengikuti protokol kesehatan, PCR, semuanya, terus harus pakai masker. Nah, Anda mungkin belum pernah ngebawain talk show 1 jam pakai masker. Teman-teman mungkin nggak berani ngomong juga, tapi ya sudahlah, anggap aja memang itu ngebantu. Tapi sinetron boleh nggak pakai masker. Mantap,” ujar Deddy seperti dalam unggahan videonya di akun Instagram @mastercorbuzier, seperti dilihat, Minggu (14/2).

“Apakah mungkin kalian berpikir protokol kesehatan mereka lebih baik dibandingkan kita, saya nggak tahu. Atau protokolnya lebih mahal, saya juga nggak tahu,” imbuhnya.[prs]

  • Bagikan