Polisi Akhirnya Berhasil Menangkap Buronan Spesialis Pembobol Rumah di Medan

Realitarakyat.com – Personel Unit Reskrim Polsek Medan Helvetia menangkap pelaku pencurian spesialis bongkar rumah yang kerap beraksi di Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Pelaku berinisial TS (36) ditangkap di Jalan Asrama Medan Helvetia setelah enam bulan menjadi buronan polisi.

Kanit Reskrim Polsek Medan Helvetia, Iptu Zuhatta Mahadi mengatakan tersangka TS diamankan berdasarkan laporan seorang warga ke Polsek Medan Helvetia beberapa waktu lalu.

Korban melaporkan rumahnya di Jalan Gaperta, Gang Lestari, Kelurahan Medan Helvetia dibobol maling.

“Mendapatkan laporan, kami kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa keterangan sejumlah saksi,” ujar Zuhatta, Jumat (5/2/2021).
Selanjutnya, petugas berhasil menangkap rekan tersangka berinisial BT. Dari hasil pemeriksaan terhadap BT, petugas kemudian memburut tersangka TS.

“Tersangka TS berhasil kami amankan setelah enam bulan buron. Dia kami amankan di Jalan Asrama, Medan Helvetia,” ucapnya.

Zuhatta mengatakan dalam aksinya, pelaku masuk ke rumah korban dengan cara memanjat dan mencongkel jendela. Setelah masuk ke rumah, keduanya kemudian menggasak harta korban.

“Dalam aksinya, mereka berhasil membawa kabur dua unit handphone, perhiasan, dan celengan plastik,” ujarnya.
Kepada petugas, pelaku mengaku sudah menjual barang hasil curian tersebut. Uangnya selanjutnya digunakan untuk berfoya-foya dan kebutuhan sehari-hari.

“Kedua tersangka tercata sudah pernah mencuri lima kali di sejumlah lokasi di Kota Medan. Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, tersangka kami amankan di Mapolsek Medan Helvetia,” ujarnya.(MT)