Perusahaan Asal Amerika Ini Hengkang Dari Indonesia, Sahamnya di Indofood Fritolay Makmur Dilepas

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PepsiCo melepas kepemilikan seluruh saham di PT Indofood Fritolay Makmur (IFL). Langkah tersebut diambil seiring keputusan perusahaan makanan dan minuman asal AS itu hengkang dari Indonesia.

IFL, perusahaan patungan antara Indofood dan PepsiCo resmi dikuasai seluruhnya oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Indofood membeli 49 persen saham Fritolay, afiliasi PepsiCo pada 17 Februari 2021 senilai Rp494 miliar. Dengan demikian, porsi kepemilikan Indofood atas IFL menjadi 99,99 persen.

Sekretaris Perusahaan ICBP, Gideon A Putro mengatakan, pembelian saham itu didanai seluruhnya dari kas internal perusahaan.

Dengan transaksi itu, IFL tak lagi memproduksi dan menjual produk makanan ringan yang berhubungan dengan Pepsi seperti Lays, Doritos, dan Cheetos.

“IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo setelah IFL menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk dengan merek milik PepsiCo yang harus sudah diselesaikan dalam waktu enam bulan dari sejak tanggal dilakukannya transaksi,” katanya, Rabu (17/2/2021).

Sebagai bagian dari transaksi, kata dia, Pepsi dan afiliasinya dilarang melakukan kegiatan produksi hingga distribusi produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun.

Transaksi tersebut merupakan kelanjutan dari keputusan Pepsi hengkang dari Indonesia.

Pada 2019, Pepsi juga memutuskan tak lagi memperpanjang kerja sama dengan PT Anugerah Indofood Beverage Makmur (AIBM), anak usaha Indofood, untuk produk minuman nonalkohol.(Din)

 

  • Bagikan