Pemkab Bekasi Pastikan Tahun Ini Akan Dilakukan Perbaikan Jalan Cikarang-Cibarusah

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan perbaikan Jalan Cikarang – Cibarusah akan dilakukan pada tahun ini. Namun, perbaikan jalan sepanjang 21 kilometer yang menghubungkan antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor itu dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat.

“Anggaran maupun perbaikannya langsung dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengingat jalan tersebut merupakan status Jalan Provinsi,” ujar Bupati Bekasi, Eka Supria Atmadja, Jumat Kamis (18/2/2021).

Menurut dia, kepastian itu setelah Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum meninjau kelokasi tersebut. Yang mana dalam komitmenya, kata dia, pada tahun ini ada dua kegiatan yang akan dilakukan oleh Jawa Barat di jalan tersebut.

Pertama pemeliharaan jalan dan kedua mengganti titik-titik kerusakan jalan yang tidak selesai dengan pemeliharaan saja agar tidak membahayakan pengendara yang melintas.

Eka menjelaskan, anggaran pemeliharaan Jalan Cikarang-Cibarusah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat 2021 sebesar Rp60 juta setiap kilometer.

“Informasi yang kami terima dua pekan kedepan sudah mulai perbaikan dengan menambal titik jalan yang bocor,” katanya.

Perbaikan kedua, kata dia, dialokasikan untuk kerusakan jalan pada titik-titik yang tidak bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan anggaran perawatan saja. Untuk itu, karena harus ada tambal beton dan perbaikan lainya maka dianggarkan kembali sebesar Rp10 miliar.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Kholik Qodratullah meminta pemerintah daerah agar terus berkordinasi dengan Gubernur Jawa Barat beserta jajaranya agar perbaikan maupun perawatan jalan tersebut segera direalisasikan.

“Sebab, Kabupaten Bekasi sudah membebaskan lahan warga untuk pelebaran,” katanya.

Menurut dia, Jalan Cikarang-Cibarusah merupakan jalur utama menuju sejumlah kawasan industri di Kabupaten Bekasi sehingga kerap menyebabkan kepadatan lalu lintas.

Kondisi ini diperparah dengan kerusakan di sejumlah titik ruas jalan tersebut. “Kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Jalan sepanjang 21 kilometer itu melintasi tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi yakni Kecamatan Cikarang Selatan, Serang Baru, dan Kecamatan Cibarusah. Apalagi, jalan tersebut merupakan jalan akses menuju Kabupaten Bogor dengan jalan akses perekonomian wilayah Selatan Bekasi.(Din)

  • Bagikan