Parlemen AS Akan Bentuk Komisi Independen, Untuk Selidiki Dalang Kasus Penyerangan Capitol Hill

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Parlemen Amerika Serikat (AS) akan membentuk komisi independen untuk meninjau “fakta dan penyebab” dari serangan Capitol Hill oleh para pendukung Donald Trump. Hal itu diungkapkan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi.

Pelosi, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (18/2/2021),dalam sebuah surat kepada anggota parlemen mengatakan bahwa komisi itu akan meniru model serupa yang diadakan setelah serangan 11 September 2001 di Washington dan New York.

“Untuk melindungi keamanan kami, langkah kami selanjutnya adalah membentuk Komisi tipe 9/11 dari luar yang independen untuk menyelidiki dan melaporkan fakta, dan penyebab yang berkaitan dengan serangan teroris domestik 6 Januari 2021 di Capitol Hill,” ucap Pelosi.

“Dan juga terkait dengan campur tangan dengan pengalihan kekuasaan secara damai, termasuk fakta dan penyebab yang berkaitan dengan kesiapan dan tanggapan dari Polisi Capitol Hill dan penegakan hukum Federal, Negara Bagian, dan lokal lainnya di Wilayah Capitol Nasional,” sambungnya.

Pernyataan Pelosi ini datang beberapa hari setelah Senat AS gagal untuk memakzulkan Trump untuk keduanya dan memutus bersalah mantan Presiden AS itu atas kerusuhan Capitol Hill.

Dari 100 anggota Senat, 57 mendukung untuk menghukum sang mantan presiden dan 43 memilih untuk membebaskannya. Jumlah ini tidak sampai dari dua pertiga mayoritas yang diperlukan untuk menghukum Trump.(Ilm/int)

  • Bagikan