1

PAN Senayan Minta Pemotongan Cuti Bersama 2021 Disosialisasikan Secara Luas ke Masyarakat dan Perusahaan

Realtarakyat.com – Kalangan dewan mengapresiasi kebijakan pemerintah yang mengurangi atau memotong masa libur cuti bersama tahun 2021.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menjelaskan, pemotongan ini diharapkan bisa mengurangi kerumunan untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Kami mengapresiasi kebijakan pemerintah tersebut karena diharapkan dapat mengurangi kerumunan dan keramaian orang akibat libur panjang,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (25/2/2021).

Saleh khawatir, bila libur panjang tidak dikurangi, massa akan menumpuk di objek-objek wisata atau destinasi lain selama liburan.

“Kami minta masyarakat berkontribusi dan berpartisipasi dalam penanggulangan Covid-19,” harap legislator dapil Sumatera Utara II itu.

Ketua Fraksi PAN DPR RI itu meminta pemerintah pusat dan daerah mensosialisasikan kebijakan tersebut secara luas kepada masyarakat dan kalangan perusahaan.

Semua pihak harus diajak memahami situasi saat ini yang sedang menghadapi pandemi dan pemerintah juga sedang berusaha menekan penyebaran Covid-19.

“Kebijakan ini pun harus diawasi dan implementasinya harus tegas, sehingga masyarakat ikut sadar dengan kondisi pandemi yang masih melanda Indonesia,” kata Wakil Ketua MKD DPR ini.

Pemerintah sebelumnya telah menyepakati dan menetapkan perubahan cuti bersama tahun 2021, dari tujuh hari menjadi dua hari dengan pertimbangan untuk pencegahan penularan Covid-19 akibat mobilitas warga pada hari libur.[prs]