Marwan Jafar: Penyaluran Dana Desa Harus Sesuai Peruntukan

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar menilai penyaluran dana desa harus benar-benar sesuai peruntukan, yaitu pembangunan dan pemberdayaan desa, mulai perbaikan infrastruktur, peningkatan pertanian, dan perkebunan.

Dia menilai dana desa memungkinkan untuk ditambah namun penyaluran harus digunakan sesuai dengan peruntukan untuk meningkatkan perekonomian desa.

“Karena itu dana desa memungkinkan untuk ditambah, dalam pengertian harus serius melakukan pemberdayaan pada desa, bukan semata-mata memberikan bansos,” kata Marwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/2/2021).

Marwan mengatakan dana desa khusus digunakan untuk pemberdayaan desa sementara itu terkait bantuan sosial (Bansos) hanya disalurkan satu kementerian sehingga tidak tumpang tindih.

Menurut dia, dirinya sudah lama mengusulkan kepada pemerintah untuk melakukan rujukan satu pintu.

“Pemberdayaan desa itu menjadi sangat penting, apalagi sekarang ini pengangguran itu pada kembali ke desa,” ujarnya.

Politisi PKB itu menilai penyaluran dana desa menjadi momentum mengurangi urbanisasi sehingga perlu kerjasama lintas kementerian dalam rangka menyediakan lahan pertanian dan perkebunan khususnya milik BUMN.

Menurut dia, sudah waktunya desa menjadi panglima atau penggerak ekonomi dari level yang paling bawah, terutama daerah pinggiran.[prs]

  • Bagikan