La Nyalla Ingatkan BSI untuk Ambil Peran Pulihkan Ekonomi

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan kepada PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), yang baru terbentuk pada 1 Februari 2021 yang lalu hasil merger 3 bank syariah milik negara, agar segera mengambil peran dalam pemulihan ekonomi Indonesia.

Dia memaparkan, bahwa sektor perdagangan menjadi salah satu dari aktivitas perekonomian yang mengalami kontraksi selama pandemi Covid-19. Untuk itu, sektor perdagangan harus mendapat perhatian untuk segera dipulihkan.

“Sejumlah langkah harus dilakukan untuk menumbuhkan daya beli masyarakat. Karena, perdagangan ini sangat erat kaitannya dengan ekonomi masyarakat,” kata La Nyalla kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Dia lantas berharap Bank Syariah Indonesia dapat mengambil peran dengan membantu keringanan pembiayaan. Tak hanya di sektor perdagangan, menurut dia, sektor infrastruktur hingga energi pun harus mendapat perhatian khusus.

“BSI harus bisa memberikan pembiayaan sindikasi ke sektor infrastruktur dan energi, sekaligus mempermudah akses untuk aktivitas perdagangan maupun aktivitas lainnya. Jika sektor-sektor yang ada di perekonomian berputar lagi, ekonomi masyarakat bisa pulih,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskannya, BSI bisa memanfaatkan akad syariah Ijarah Muntahiyah bitTamlik. Yaitu, transaksi sewa manfaat atas suatu objek dengan pengalihan kepemilikan di akhir periode sewa. Sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

“Selain itu, diharapkan pihak bank memberi kemudahan transaksi kepada nasabah. Harus ada perbedaan dengan bank konvensional. Sehingga menambah gairah baru pada sektor perbankan,” tukasnya. (rsa)

  • Bagikan