Kemenhub dan KAI Perbaiki Jalur KA Jarak Jauh di Kabupaten Bekasi yang Rusak Karena Banjir

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kemenhub dan PT KAI melakukan perbaikan jalur kereta api jarak jauh di Kabupaten Bekasi yang rusak akibat banjir usai hujan ekstrim mengguyur wilayah tersebut. Jalur kereta api yang diperbaiki ada di antara Stasiun Lemahabang dan Stasiun Kedunggedeh.

“Alhamdulillah, hari ini tim dapat mulai melakukan perbaikan lebih maksimal karena air sudah mulai surut,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, dalam keterangannya, Senin (22/2/2021).

Zulkifri mengatakan jalur kereta ini tidak bisa dilewati kereta api karena beberapa titik terendam air hingga berujung pada perubahan keberangkatan hingga pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh baik dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Menurutnya, kini pihaknya tengah melakukan upaya perbaikan bantalan rel tersebut.

“Kemarin tim tidak bisa bekerja optimal karena aliran air begitu deras menggerus ballast dan bantalan rel. Namun demikian, sejak sore kemarin hingga hari ini terus dilakukan mobilisasi ballast dan alat kerja sehingga saat ini bisa lebih cepat dikerjakan,” ucap Zulfikri.

Lebih lanjut, Zulfikri menegaskan saat ini tim gabungan Ditjen Perkeretaapian, BTP Jakarta dan Banten, serta PT KAI Daop 1 Jakarta terjun langsung di lokasi untuk melakukan penanganan dengan cepat. Dia menyebut ada sekitar 8 titik gogosan, dengan 6 gogosan panjang yang tersebar di sepanjang 600 m di petak antara Stasiun Lemah Abang dan Kedunggedeh yang perlu diperbaiki.

“Saat ini tim tengah bekerja keras agar jalur utama kereta ke arah Jawa ini bisa segera pulih,” imbuh Zulfikri.

Zulfikri juga mengapresiasi PT KAI yang dengan cepat melakukan langkah penanganan penumpang maupun penanganan di lapangan usai insiden rusaknya rel tersebut.

“Saya mengapresiasi PT.KAI yang telah dengan cepat menyampaikan pembatalan beberapa perjalanan kereta api dan melakukan perubahan pola operasi. Selain itu, tiket juga bisa dijadwal ulang atau refund,” tutupnya.[prs]

  • Bagikan