Connect with us

Ragam

Kabupaten Bekasi Ajukan 468 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Tahap Dua

Diterbitkan

Pada

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengajukan 468.000 dosis vaksin COVID-19 bagi 234.000 petugas pelayanan publik yang akan menjalani vaksinasi tahap dua.

“Kami sudah kirimkan surat pengajuan, secara lisan juga sudah disampaikan untuk percepatan distribusi agar tidak terulang seperti tahap pertama karena Kabupaten Bekasi itu prioritas,” kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, di Cikarang, Kamis (18/2/2021).

Alamsyah mengatakan vaksinasi tahap kedua diperuntukkan bagi anggota TNI, Polri, aparatur sipil negara, tenaga pendidik, petugas pemadam kebakaran, Satpol PP, hingga pedagang pasar.

Dia menyebut pelaksanaan vaksinasi tahap kedua paling cepat di Bulan Maret 2021 meski hal itu bergantung pada ketersediaan vaksin yang didistribusikan ke wilayahnya.

“Semalam kita buat skema, kalau ketersediaan vaksin cukup itu kita bisa kejar pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dalam satu bulan. Sementara fokus kami saat ini menyelesaikan vaksinasi tahap pertama,” katanya.

Alamsyah mengaku pemberian vaksin tahap pertama bagi para tenaga kesehatan sudah hampir selesai. 10.418 tenaga kesehatan di wilayahnya sudah menerima vaksin dosis pertama sementara untuk dosis keduanya telah menjangkau 54 persen dari jumlah keseluruhan.

“Dosis pertama sudah 100 persen, dosis kedua sudah 54 persen. Target kami di tanggal 20 Februari nanti sudah selesai semua,” ucapnya.

Pihaknya juga masih menunggu distribusi vaksin bagi tenaga kesehatan yang belum menerima suntik vaksin di tahap pertama ini.

“Masih ada lima ribu nakes yang belum divaksin karena total nakes di kita ada 15.000 lebih orang sementara kita baru mendapat alokasi vaksin untuk 10.000an nakes. Rencananya pemberian vaksin kepada nakes ini bersamaan dengan vaksinasi tahap kedua nanti,” katanya.

Alamsyah berharap kegiatan vaksinasi sebagai ikhtiar pemerintah ini dapat mencegah penyebaran COVID-19. Ia juga mengimbau masyarakat tidak kendur menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau penyanitasi tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

“Karena kunci utama pencegahan penyebaran virus corona ini adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata dia. (ndi/ant)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Viral Seorang Wanita Melahir 10 Bayi Sekaligus Dan Mengaku Dari Hasil Selingkuhannnya

Diterbitkan

Pada

Viral Seorang Wanita Melahir 10 Bayi Sekaligus Dan Mengaku Dari Hasil Selingkuhannnya
Baca Berita

Headline

Menteri BUMN Ajak Masyarakat Lestarikan Pantun

Diterbitkan

Pada

Menteri BUMN Ajak Masyarakat Lestarikan Pantun
Baca Berita

Headline

Hari Medsos Nasional : Pentingnya Bijak Bermedsos Dan Perlunya Medsos Made In Indonesia

Diterbitkan

Pada

Hari Medsos Nasional : Pentingnya Bijak Bermedsos Dan Perlunya Medsos Made In Indonesia
Baca Berita
Loading...