Connect with us

DPR

Gelar Workshop Series, Setjen DPR Ingin Perkuat Fungsi Parlemen

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – DPR RI haruslah menjadi lembaga yang kuat dalam menjamin setiap kebijakan publik yang diambil dan dilakukan dengan mementingkan kepentingan, aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Badan Keahlian Setjen DPR RI, Inosentius Samsul saat membuka acara Workshop Series dengan tema ‘Research for Legislative Agenda’ di Gedung Setjen DPR, Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, penguatan tersebut, dapat dilakukan dengan memperkuat Badan Keahlian sebagai suatu lembaga riset yang mendukung ketiga fungsi DPR RI.

“Kita harus perlu memperkuat lembaga DPR ini. Salah satu bentuk penguatannya adalah data dan informasi terutama bagi pelaksanaan dari tiga fungsi yaitu pembentukan uu, penetapan APBN dan juga pengawasan,” kata Sensi, sapaan akrabnya.

Melihat hal tersebut, BK kemudian merancang kegiatan Workshop Series yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas para peneliti termasuk tenaga ahli di lingkungan Setjen dan BK DPR RI.

“Sebenarnya sasaran kita adalah agar semakin memperkuat kapasitas dan pengetahuan, sehingga hasil-hasil riset dan output dukungan kepada Anggota (DPR) itu semakin berkualitas dan sesuai kebutuhan,” terang Sensi.

Selain itu, menurut Ketua Panitia Workshop Series Lukman Nul Hakim, kegiatan ini merupakan respon dari BK DPR RI untuk mendukung kinerja Anggota Dewan melalui support informasi. Support informasi ini nantinya diharapkan tidak hanya berupa jurnal atau buklet, melainkan dengan tataran yang lebih milenial seperti infografis, podcast dan berbagai macam bentuk support informasi yang lebih kekinian.

“Kita berikan banyak opsi untuk mereka (Anggota DPR) bisa mendapat informasi. Jadi jika dulu berupa jurnal berupa buklet, sekarang kita kasih banyak variasi sumber,” ujar Lukman.

Rencananya, kegiatan Workshop Series ini akan dilakukan delapan kali setiap dua minggu dengan mengusung tema dan narasumber yang berbeda. Pada Workshop Series pertama, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin menjadi salah satu pembicara mewakili Anggota Dewan.

Sementara pembicara dari Badan Keahlian adalah Peneliti Utama Badan Keahlian DPR RI Riris Katharina, sedangkan Direktur Eksekutif CSIS Philips J. Vermote juga menjadi pembicara mewakili stakeholder.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Selama Blusukan Ke Solo, Puan Maharani Ditemani Gibran

Diterbitkan

Pada

Penulis

Selama Blusukan Ke Solo, Puan Maharani Ditemani Gibran
Baca Berita

DPR

Minta Prioritaskan Honorer Jadi ASN, Dedi Mulyadi: Tes CPNS Jangan Melulu Berbasis Digital

Diterbitkan

Pada

Penulis

Minta Prioritaskan Honorer Jadi ASN, Dedi Mulyadi: Tes CPNS Jangan Melulu Berbasis Digital
Baca Berita

DPR

PKS Senayan Desak Pemerintah Ajukan Draf Revisi UU ITE

Diterbitkan

Pada

Penulis

PKS Senayan Desak Pemerintah Ajukan Draf Revisi UU ITE
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Sukamta (ist/net)
Baca Berita
Loading...