FSB Rusia Bekuk 19 Terduga Teroris Pendirian Negara Islam

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Penegak hukum Rusia menangkap 19 terduga teroris terkait pendirian negara Islam. Terduga teroris diduga berencana melakukan serangan di wilayah Kaukasus Utara untuk mendirikan negara Islam.

Dinas Intelijen Rusia FSB melakukan penggerebekan di empat wilayah. Para terduga teroris itu dianggap melakukan propaganda ideologi negara Islam.

“Selain menyebarkan propaganda ideologis dan merekrut pengikut baru, mereka merencanakan tindakan sabotase dan serangan teror di Kaukasus Utara,” kata Badan Intelijen Rusia FSB, seperti dilansir AFP, Kamis (18/2/2021).

Badan Intelijen Rusia FSB menyebut 19 terduga teroris itu berasal dari kelompok Takfir Wal-Hijra. Dalam penggerebak itu, petugas turut mengamankan rompi berisi bahan peledak, rangkaian bom dan senapan otomatis.

Pihak berwenang Rusia secara rutin mengumumkan operasi untuk membasmi sel-sel yang dicurigai sebagai kelompok radikal, terutama di bagian selatan Rusia dan Republik Chechnya yang mayoritas Muslim.

Sementara itu, pejuang HAM menyebut Kepala Otoritas Republik Chechnya Ramzan Kadyrov menggunakan isu Islamisme untuk membungkam perbedaan pendapat. Ramzan dilantik sebagai atas penunjukan dari Presiden Putin.

Kepala otoriter kawasan itu, Ramzan Kadyrov, dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia menggunakan ancaman Islamisme untuk membasmi perbedaan pendapat. Putin mulai melakukan represi terhadap pemberontak Islam di Chechnya pada 1999.[prs]

  • Bagikan