DPR Minta Pemerintah Desak Google Berbagi Keuntungan dengan Media Lokal

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir meminta kepada pemerintah pusat untuk mendesak perusahaan digital raksasa, Google agar berbagi keuntungan dengan media lokal.

Hal tersebut diungkapkan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, lantaran menurut dia banyaknya konten media lokal yang masuk ke dalam platform Google, sehingga meningkatkan akses masyarakat ke Google.

“Pemerintah perlu menekan Google, karena Google pasti untung. Publik jadi lewat Google kalau mau mencari berita,” kata Hafisz dalam siaran persnya yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Dia lantas mengingatkan, bahwa pemerintah harus segera menentukan mekanisme guna menghitung keuntungan dengan perusahaan tersebut. Pembagian keuntungan pun dinilai tidak akan merugikan pihak Google.

“Akses informasi melalui Google tetap akan tinggi, tak terpengaruh atas pembagian keuntungan tersebut. Tidak ada yang dirugikan kok. Google tetap untung dengan masuknya berita-berita milik portal-portal Indonesia,” ujar Hafisz. (rsa)

  • Bagikan