Dewan Minta Pemerintah Ikut Prioritaskan Napi jadi Penerima Vaksin Covid

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kalangan dewan meminta pemerintah untuk ikut memprioritaskan napi tahanan di Indonesia untuk menerima vaksin Covid-19 sebagai bentuk pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya di bidang kesehatan.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, kondisi di lapas di Indonesia membuat para napi sangat berisiko terpapar Covid-19.

“Saya meminta pemerintah agar menjadikan para tahanan di lapas sebagai prioritas penerima vaksin Covid-19,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/2/2021).

Sahroni menjelaskan, usulan tersebut karena kondisi mayoritas penjara di Indonesia sudah banyak yang kelebihan kapasitas, sehingga para napi tidak bisa jaga jarak dan akibatnya sangat rentan terpapar Covid-19.

Politisi NasDem ini menambahkan, hingga saat ini, angka penyebaran Covid-19 di lapas masih tinggi, misalnya November 2019 ada ratusan napi di Lapas Pekanbaru yang positif dan di Lapas Sukamiskin memiliki 52 kasus positif.

“Kejadian itu karena padatnya tahanan di lapas hingga berisiko menyebabkan penyebaran yang tinggi. Untuk itu saya meminta kepada Kemenkumham untuk segera melakukan vaksinasi di lapas,” ujarnya.

Sahroni menegaskan, vaksinasi tersebut sebagai bentuk pemenuhan hak para tahanan di bidang pelayanan kesehatan yang harus dijamin negara.

“Jangan karena mereka tahanan lalu statusnya dipandang sebelah mata. Karena itu demi HAM, pemerintah harus prioritaskan vaksinasi para tahanan,” tandasnya.[prs]

  • Bagikan