Demokrat Siapkan 9 Kader untuk Pilkada DKI, Nama Hinca Panjaitan dan Dede Yusuf Masuk dalam Daftar

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Partai Demokrat mulai menggadang-gadang kadernya untuk Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Setidaknya, ada 9 nama kader yang kini disiapkan Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) partai berlambang Bintang Mercy tersebut.

Dari sembilan yang digadang-gadang, nama Hinca Panjaitan dan Dede Yusuf Macan effendi masuk dalam daftar.

Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menyatakan bahwa sembilan kader itu memiliki pengalaman dan jam terbang yang memadai di sektor eksekutif, legislatif, ataupun keduanya.

“Untuk DKI sendiri yang merupakan etalase politik nasional, bahkan sebelumnya dikenal sebagai pilkada citarasa pilpres, Partai Demokrat menyiapkan dan memberi kesempatan kepada sembilan kader terbaik untuk tampil merebut hati dan pikiran rakyat,” kata Kamhar, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/2/2021).

Kamhar menuturkan, dengan 10 kursi di DPRD DKI, Partai Demokrat memiliki modal cukup untuk membangun komunikasi politik dengan Parpol guna berkoalisi pada pilkada DKI mendatang.

Ia mengatakan, sembilan kader yang disiapkan itu merupakan kader terbaik yang mendapat kesempatan yang sama untuk meyakinkan masyarakat DKI Jakarta.

“Pada saatnya nanti akan mengerucut dengan memperhatikan figur yang paling bisa merebut hati dan pikiran atau paling dikendaki masyarakat DKI Jakarta,” ujar Kamhar.

Menurut dia, nama-nama ini disiapkan sebagai antisipasi mengingat revisi UU Pemilu dan UU Pilkada yang belum menemukan kepastian.

Ia menegaskan, Demokrat tetap memperjuangkan normalisasi jadwal pilkada agar pilkada digelar pada tahun 2022 dan 2023, bukan pada 2024 bersamaan dengan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

“Ini seirama dengan aspirasi mayoritas rakyat sebagaimana terpotret pada hasil survei dari berbagai lembaga survei yang menghendaki tetap adanya Pilkada pada 2022 dan 2023 untuk daerah-daerah yang akan berakhir masa jabatan kepala daerahnya, termasuk DKI Jakarta,” kata dia.

Berikut sembilan nama kader Demokrat yang disiapkan untuk berkontestasi pada pilgub DKI Jakarta:

1. Santoso (anggota Komisi III DPR-RI/Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi DKI Jakarta)
2. Hinca Panjaitan (anggota Komisi III DPR-RI)
3. Didik Mukrianto (anggota Komisi III DPR-RI)
4. M Ridho Ficardo (mantan Gubernur Lampung)
5. Emil Elistianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur)
6. Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang)
7. Anwar Hafid (mantan Bupati Morowali, saat ini anggota Komisi II DPR RI)
8. Dede Yusuf Macan Effendi (mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, saat ini Pimpinan Komisi X DPR RI)
9. Iti Octavia Jayabaya (mantan anggota DPR RI, saat ini Bupati Lebak). (ndi)

  • Bagikan