Bantu Pulihkan Ekonomi, Kota Bekasi Perkuat Fungsi Kadin

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menyatakan komitmen untuk terus memperkuat fungsi kamar dagang industri (Kadin) sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

“Kami akan memfasilitasi kebutuhan Kadin karena Kadin merupakan mitra strategis pemerintah dalam upaya menumbuhkan serta mengembangkan perekonomian yang terhempas akibat pandemi COVID-19,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, saat membuka Musyawarah Kota V Kadin Kota Bekasi, di Hotel Santika Mega Bekasi, Rabu (24/2/2021).

Menurut dia tugas dan fungsi pokok Kadin yakni meningkatkan investasi, ekspor, hingga pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah sejalan dengan visi pemerintah daerah di bidang perekonomian.

Sebab masuknya penanaman modal akan meningkatkan geliat dunia usaha sekaligus menciptakan peningkatan kebutuhan kerja yang dibutuhkan oleh para pencari kerja khususnya warga lokal.

“Saya berharap bisa selalu meningkatkan kemitraan yang sudah terjalin dengan baik selama ini dan bersama-sama memecahkan permasalahan ekonomi daerah serta hubungan sosial kemasyarakatan. Intinya kita tidak boleh berpangku tangan tetapi harus terus berusaha,” ucapnya.

Penguatan fungsi Kadin itu, kata Rahmat, segera direalisasikan pemerintah daerah dengan mengusulkan pembangunan Kantor Kadin Kota Bekasi yang representatif dan khas.

Pemerintah Kota Bekasi rencananya akan membangun kantor Kadin tepat di pusat Kota Bekasi yakni di bekas Gedung Korpri yang menjadi aset Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Sedang kami urus, nantinya akan dibuatkan surat kepemilikan sehingga Bupati Bekasi mengetahui bahwa gedung eks Korpri itu dikelola Kota Bekasi untuk Kantor Kadin,” katanya.

“Siapapun nanti yang terpilih sebagai Ketua Kadin Kota Bekasi, saya berharap bisa terus meningkatkan sinergi dengan kami, bekerja bersama-sama memulihkan perekonomian,” imbuh dia.

Kegiatan Musyawarah Kota V Kadin Kota Bekasi berjalan lancar dan memenuhi standar penerapan protokol kesehatan dengan pemakaian masker, menyediakan sabun dan penyanitasi tangan, menjaga jarak, serta membatasi kerumunan dan penjagaan yang ketat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Kadin Jawa Barat Cucu Sutara mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Bekasi kepada Kadin Kota Bekasi. Sinergi itu harus dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Kota Bekasi merupakan daerah yang strategis, kota penunjang perekonomian pemerintah pusat, jadi saya berharap komitmen kita adalah wajib mendorong dan wujudkan Kota Bekasi lebih maju secara ekonomi. Dukungan Pak Wali Kota menjadi pelecut semangat Kadin untuk terus berperan serta aktif dalam pembangunan ekonomi di Kota Bekasi,” katanya.

Ketua Kadin Kota Bekasi Khoiril Astari menyampaikan keprihatinannya atas perekonomian daerah yang terdampak COVID-19 terlebih banyak pengusaha yang menurunkan jumlah produksinya.

“Tetapi ini adalah tantangan bagi kita bagaimana para pengusaha tetap berjalan dan membantu peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi di Kota Bekasi dan saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bekasi atas sinergitas dan partisipasinya dalam kegiatan Kadin Kota Bekasi,” kata dia. (ndi)

  • Bagikan