Banjir Surut, Bantaran Rel Kereta di Bekasi Mulai Diperbaiki

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan PT KAI (Persero) memperbaiki jalur kereta api jarak jauh di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Jalur kereta api antara Stasiun Lemahabang dan Stasiun Kedunggedeh sebelumnya mengalami kerusakan akibat terendam banjir usai hujan ekstrim yang terjadi wilayah Kabupaten Bekasi yang mengakibatkan meluapnya aliran air di Sungai Citarum.

“Tim sudah dapat mulai melakukan perbaikan (rel kereta api) lebih maksimal, karena air (luapan Sungai Citarum) sudah mulai surut,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Zulfikri dalam keterangannya di Jakarta, Senin (22/2/2021).

Menurut Zulfikri, jalur kereta ini untuk sementara tidak dapat dilewati karena beberapa titik terendam air hingga berujung pada perubahan keberangkatan hingga pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh baik dari Stasiun Jakarta Gambir maupun Stasiun Jakarta Pasar Senen.

“Kemarin tim tidak bisa bekerja optimal karena aliran air begitu deras menggerus ballast dan bantalan rel,” jelasnya.

“Namun demikian, sejak Senin sore kemarin hingga hari ini terus dilakukan mobilisasi ballast dan alat kerja sehingga saat ini bisa lebih cepat dikerjakan,” terangnya.

Zulfikri menambahkan, saat ini tim gabungan yang terdiri dari Ditjen Perkeretaapian, BTP Jakarta dan Banten dan PT KAI Daop 1 Jakarta terjun langsung di lokasi untuk melakukan penanganan dengan cepat.

Menurut Zulfikri, sedikitnya ada sekitar 8 titik gogosan, dengan 6 gogosan panjang yang tersebar di sepanjang 600 m di petak antara Stasiun Lemah Abang dan Stasiun Kedunggedeh yang perlu diperbaiki.

“Saat ini tim tengah bekerja keras agar jalur utama kereta (dari Jakarta ke arah Jawa maupun sebaliknya) bisa segera pulih,” tegasnya.

Zulfikri dalam kesempatan ini juga mengapresiasi gerak cepat PT KAI yang dengan melakukan langkah penanganan penumpang maupun penanganan di lapangan usai insiden rusaknya rel tersebiut.

“Saya mengapresiasi PT.KAI yang telah dengan cepat menyampaikan pembatalan beberapa perjalanan kereta api dan melakukan perubahan pola operasi. Selain itu, tiket juga bisa dijadwal ulang atau refund,” pungkasnya.(ilm)

  • Bagikan