Bamsoet Nilai Pasar Tradisional Jadi Salah Satu Titik Kerumunan Paling Krusial dalam Penyebaran Covid

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai jika pasar tradisional dinilai sebagai salah satu titik kerumunan yang paling krusial dalam penyebaran Covid-19.

Dia pun meminta Pemda bersama Satgas Penanganan Covid-19 menghimbau para pedagang dan pembeli tetap menggunakan maskar disamping mendirikn posko di sekitar pasar-pasar tradisional untuk menggencarkan pengawasan dan penegakan protokol kesehatan.

“Hal ini guna memastikan pedagang dan pengunjung benar-benar disiplin prokes. Mengingat pasar dinilai sebagai salah satu titik kerumunan yang paling krusial dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” kata Bamsoet pria ini akrab disapa dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Selain itu, politikus Golkar ini juga meminta pemerintah daerah bersama pengelola pasar untuk dapat mengatur waktu sekaligus mengawasi secara ketat aktivitas di pasar.

“Mulai buka hingga tutup yang disesuaikan dengan aturan protokol kesehatan maupun kebijakan yang ditetapkan pemerintah setempat,” jelasnya.

Bamsoet juga meminta pemda melalui Dinas Kesehatan untuk terus menyosialisasikan penerapan prokes di setiap pasar tradisional baik melalui spanduk maupun penjelasan secara langsung.

“Sekaligus mengingatkan kepada pedagang bahwa pemda dapat memberhentikan sementara operasional pasar apabila pedagang tidak disiplin menerapkan prokes hingga menyebabkan munculnya kasus Covid-19 baru di pasar tersebut,” jelasnya.

Dia juga menghimbau masyarakat khususnya para pedagang yang berjualan di pasar-pasar tradisional agar selalu menerapkan prokes 3M selama berada di pasar atau usai bertransaksi dengan pembeli.[prs]

  • Bagikan