Akan Dihadiri Wapres, Atlet dan Pelatih Jalani Vaksinasi Jumat Mendatang

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyatakan sekitar 800-an atlet, pelatih, dan tenaga pendukung dari berbagai cabang olahraga akan divaksin pada Jumat (26/2/2021).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk para atlet, pelatih, dan tenaga pedukung, itu akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta, mulai pukul 08.00 WIB.

Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin dijadwalkan menghadiri kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut.

Menurut Zainudin Amali, vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini diprioritaskan untuk atlet dan ofisial yang akan berkompetisi dalam waktu dekat.

Sebagai contoh, atlet yang dipersiapkan untuk Olimpiade Tokyo 2021 dan SEA Games Vietnam 2021 menjadi prioritas pada program vaksinasi Covid-19 tahap pertama kali ini.

Selain itu, pemain, pelatih, dan offisial dari tim Liga 1 juga menjadi prioritas karena dalam waktu dekat akan berkompetisi di Piala Menpora 2021.

Sebelumnya, beberapa pemain dari tim Liga 1 seperti Dedik Setiawan (Arema FC) dan Septian David Maulana (PSIS Semarang) sudah mengikuti program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah daerah masing-masing tim.

Terkait daftar atlet penerima vaksinasi tahap pertama ini, Zainudin Amali menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan organisasi cabang olahraga masing-masing.

“Jadi nanti Jumat sekitar jam 08.00 WIB, kita akan melakukan kegiatan vaksinasi untuk atlet, pelatih, dan tenaga pendukung di Istora Senayan,” kata Zainudin Amali dalam konfrensi pers virtual Kemenpora, Rabu (24/2/2021) sore WIB.

“Pada tahap pertama ini, memang kita masih batasi untuk atlet yang dipersiapkan mengikuti single event dan multi event. Jumlah orang yang akan divaksin pekan ini sekitar 800-an dari cabor-cabor yang sudah kita data” ujar Zainudin Amali.

“Sebagai contoh, sebentar lagi akan ada kompetisi sepak bola (Piala Menpora 2021). Jadi, mereka yang akan mengikuti kompetisi itu kita jadikan prioritas,” ujar Zainudin Amali menambahkan.

Lebih lanjut, Zainudin Amali menyebut atlet yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 juga menjadi prioritas.

Zaiundin Amali juga menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tahap kedua nanti tidak akan terpusat di Jakarta untuk menjangkau lebih banyak atlet.

“Tahap berikutnya kita akan sesuaikan dengan keberadaan atlet. Mungkin kita nanti akan koordinasi dengan daerah-daerah,” kata Zaiunudin Amali.

“Program vaksinasi Covid-19 ini direncanakan juga akan menjangkau atlet PON. Nanti kita koordinasi terlebih dahulu dengan Kementrian Kesehatan untuk membicarakan prosedurnya,” ucap Zainudin Amali menambahkan.

Pada Senin (22/2/2021), Zaiunudin Amali menyatakan pemerintah telah menyediakan total 12.000 vaksin Covid-19 untuk atlet, pelatih, dan ofisial pendukung cabang olahraga.

Penyaluran 12.000 vaksin Covid-19 itu akan terbagi dua, yakni 5.000 untuk tahap pertama, dan 7.000 sisanya untuk tahap kedua. (ndi)

  • Bagikan