PMI Terus Lakukan Upaya Pencegahan Sebelum Vaksin Siap Didistribusikan

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, mengatakan upaya mitigasi harus dilakukan sembari menunggu kesiapan vaksin COVID 19 untuk masyarakat
“Pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan tetap harus dijalankan,” katanya saat berkunjung ke Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI, Jakarta, Selasa (5/1/2021).
Jusuf Kalla didampingi Sekjen PMI, Sudirman Said, mengecek kesiapan dan stok gudang darurat Covid-19. Ia pun menginstruksikan agar stok yang ada segera didistribusikan ke PMI di wilayah Jabodetabek untuk diteruskan kepada masyarakat.
Dia juga menegaskan, pihaknya akan terus membantu pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19.
”Sebelum vaksin siap untuk didistribusikan, upaya pencegahan tetap harus dilakukan secara terus menerus. Untuk itu, PMI akan mendistribusikan paket PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), APD (Alat perlindungan Diri) kepada masyarakat dan kepada petugas medis di wilayah Jabodetabek,” ujarnya.
Jusuf Kalla menuturkan, sejumlah barang segera distribusikan.
“Paket PHBS sebanyak 13 Ribu, baju hazmat 11 ribu, Kacamata 10 ribu, sarung tangan 2.450 unit dan Faceshield sebanyak 4.400 unit dan 19 ribu unit sprayer,” katanya.
Selain itu, tambah Jusuf Kalla, PMI juga menyiapkan terapi plasma Konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien dengan Covid-19. Sejauh ini, sudah 18 Unit Donor Darah (UDD) yang siap dalam donor plasma.
“Terapi ini merupakan salah satu alternatif dalam penyembuhan Covid-19, saya harapkan masyarakat dengan sukarela untuk membantu sesama dengan melakukan Donor Plasma,” ujarnya.[prs]

  • Bagikan