Ace Hasan Syadzily: Aksi Blusukan Risma Ikuti Gaya Kepemimpinan Jokowi

  • Bagikan
Ace Hasan Syadzily: Aksi Blusukan Risma Ikuti Gaya Kepemimpinan Jokowi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menanggapi soal aksi blusukan yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) di kawasan Sudirman-Thamrin dan Pasar Baru, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
Menurut Ace, aksi blusukan seperti itu, dinilai bukan sesuatu yang perlu dibicarakan saat ini. Sebab, katanya, hal itu merupakan gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo sejak awal menjadi Presiden.
“Kalau soal blusukan, itu memang sudah seharusnya dilakukan pembantu Presiden, mengikuti gaya kepemimpinan Jokowi. Terlebih lagi, permasalahan sosial membutuhkan pendekatan yang humanis,” ujar Ace, kepada wartawan, Selasa (5/1/2021).
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu juga menilai, Mensos memang harus sering turun langsung ke lapangan. Sebab, tugas utama Mensos adalah memberikan pelayanan kepada orang-orang yang membutuhkan.
“Sudah seharusnya Menteri Sosial sering turun ke lapangan memastikan penyelesaian masalah sosial di masyarakat. Salah satu tugas utama Menteri Sosial sesungguhnya memberikan pelayanan kepada PPKS atau pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, seperti kelompok tunawisma, anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum, dan lain-lain agar mereka diperhatikan negara,” ujarnya.
Kendati demikian, Ace mengatakan tugas pelayanan sosial harus dibagi dengan peran pemerintah daerah (Pemda). Menurut Ace, permasalahan sosial juga merupakan tugas Dinas Sosial Pemda.
“Namun tentu harus dapat berbagi peran dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Sosialnya. Dalam tupoksi, pengelolaan masalah-masalah sosial di masyarakat, ada ranah yang memang menjadi tanggung jawab dinas sosial daerah,” katanya.
Sebagaimana diberitakan, Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali blusukan di Jakarta, Senin (4/1/2021). Di akhir Desember 2020 usai dilantik, Risma mengunjungi bantaran Kali Ciliwung.
Kali ini dia menemui gelandangan dan pemulung di kawasan Sudirman-Thamrin dan Pasar Baru Jakarta Pusat.
Risma pagi tadi menyusuri jalur pedestrian Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Ia pun bertemu dengan 3 gelandangan. Risma mengajaknya untuk tinggal di tempat penampungan.
Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kementerian Sosial (Kemensos), Herman Kuswara, kemudian mengungkapkan alasan Mensos Tri Rismaharini rajin blusukan di Jakarta. Menurutnya, Risma ingin melakukan pemetaan permasalahan sosial.
“Yang pertama ingin melakukan pemetaan permasalahan-permasalahan sosial yang aktual dan faktual. Sehingga ibu istilahnya dengan blusukan, melihat beberapa titik itu sebetulnya ingin memotret sejauh mana permasalahan-permasalahan sosial yang ada dan berkembang saat ini, yang memiliki urgensi untuk segera ditangani kan itu,” kata Herman Kuswara saat dihubungi detikcom, Senin (4/1).
Herman mengungkapkan, Mensos Risma ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan. Dia juga menyebut blusukan yang dilakukan guna menganalisis kebijakan berdasarkan fakta.
“Tentunya Bu Menteri ini ingin melihat secara langsung, sehingga melihat secara langsung paling tidak istilahnya dalam melakukan analisis kebijakannya betul-betul berdasarkan fakta dan kondisi di lapangan yang sesungguhnya gitu,” ujar Herman. (ndi)

  • Bagikan