Pilkada 2020 Lancar, PDIP: Masyarakat Makin Dewasa dalam Berpolitik dan Gunakan Hak Pilih

Realitarakyat.com – Proses pemungutan suara Pilkada serentak di 270 daerah berjalan lancar, dan dilaksanakan dengan protokol covid-19, Rabu (9/12/2020). Atas hal tersebut, PDIP memberikan apresiasi atas terselenggaranya pilkada secara aman, tertib, dan damai.
Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, baik penyelenggara, kontestan pilkada, aparat keamanan, dan masyarakat berandil besar dalam menyukseskan Pilkada dengan baik.
“Ketika saya melaporkan siang ini kepada Ibu Megawati, Beliau memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu yang berhasil melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak 2020,” kata Hasto dalam keterangannya, Rabu (9/12/2020).
Ibu Megawati, lanjut Hasto, juga mengapresiasi aparat TNI-Polri maupun ASN yang membantu tertib dan amannya penyelenggaraan pilkada 2020.
Lebih dari itu, Hasto menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya walau pilkada ini dilaksanakan di masa pandemi.
Partai banteng koncong putih mengapresiasi, bagaimana masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Begitupun dengan para petugas di lapangan yang berusaha memastikan protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Tidak ada kerumunan menuju atau saat di TPS.
“PDI Perjuangan melihat masyarakat semakin dewasa dalam berpolitik dan menggunakan hak pilihnya,” ungkap Hasto.
Dengan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi tersebut, Hasto menilai kepemimpinan di daerah akan terus berlanjut. Ini yang akan mengakselerasi penanganan pandemi covid-19 di setiap daerah.
Kata Hasto, sejak awal PDI Perjuangan sudah mengingatkan bahwa kepemimpinan di daerah membutuhkan yang definitif, tidak dijabat Pelaksana Tugas, justru demi memastikan efektivitas kerja bersama seluruh anak bangsa menghadapi covid-19.
“Pusat pemantauan pelaksanaan pilkada 2020 dilakukan di kantor DPP Partai dengan mengintegrasikan seluruh kamar hitung yang dikoordinasikan oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN PDI Perjuangan),” tutup Hasto.[prs]