PDIP Minta Pemerintah Tertibkan Manajemen Kotak Amal di Minimarket

  • Bagikan
PDIP Minta Pemerintah Tertibkan Manajemen Kotak Amal di Minimarket
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen mendesak pemerintah untuk melakulan investigasi dan menertibkan manajemen kotak amal dan filantropi yang tersebar di minimarket maupun supermarket.
Gus Nabil pria ini akrab disapa menjelaskan hal ini, terkait temuan pihak kepolisian bahwa kelompok Jamaah Islamiyyah (JI) mendapat aliran dana dari kotak amal di beberapa supermarket dan minimarket.
“Pemerintah dan pihak kepolisian harus investigasi secara mendetail terkait dengan aliran dana dari kotak amal dan kegiatan filantropi di minimarket/supermarket di seluruh kawasan di Indonesia,” tegas Gus Nabil saat dihubungi, Rabu (2/12/2020).
Ia berharap jangan sampai dana yang terkumpulkan, menjadi sumber pendanaan dari kelompok radikal, teroris, maupun kelompok-kelompok yang memiliki agenda yang bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kata Gus Nabil, pemerintah melalui lembaga terkait, harus menertibkan regulasi dalam pola filantropi, sekaligus mengatur adanya sanksi bagi pihak yang melakukan pelanggaran.
“Pemerintah juga harus mensosialisasikan kepada pengelola minimarket/supermarket, agar selektif dalam pengelolaan dana kotak amal di toko-toko swalayan yang ada di berbagai kawasan di Indonesia,” paparnya.
Politikus PDIP ini mengajak warga masyarakat untuk memberikan sedekah, infaq, dan zakat kepada lembaga-lembaga yang jelas kontribusinya untuk bangsa dan kemanusiaan, semisal NUCare-Lazis Nahdlatul Ulama, atau LAZISMU/Muhammadiyah, maupun lembaga lain yang terbukti kontribusinya untuk pengembangan kemanusiaan.
“Lembaga-lembaga yang jelas tentunya memiliki laporan yang terpublikasi secara rutin ke publik, dan programnya jelas bermanfaat,” tukasnya.[prs]

  • Bagikan