Kata Azis, Perlu Peran Masyarakat Menangkal Hoaks di Ruang Digital

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengatakan bahwa di tengah perkembangan ruang digital saat ini, informasi atau berita bohong (hoaks) tidak bisa dibasmi hilang sepenuhnya.
Pasalnya, sambung dia, selama publik masih mengakses ruang digital seperti media sosial, maka kabar bohong akan tetap ada.
“Yang namanya hoaks dibasmi 100 persen susah, karena barang ini tetap hidup dan tetap ada selagi kita menggunakan IT dan itu berkembang dari waktu ke waktu pasti akan ada,” kata Azis dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertajuk ‘Waspada Hoaks Jelang Pilkada 9 Desember’, di Media Center Parlemen, Senayan, Senin (7/12/2020).
Menurut dia, kesadaran masyarakat terhadap informasi atau berita bohong di ruang digital juga menjadi faktor penting dalam upaya meminimalisir penyebarannya.
Sebab, bagaimana pun suatu berita atau informasi, merupakan khasanah untuk menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi semua kalangan.
“Sekarang bagaimana kita mencegahnya hoaks ini, tentu mencegah hoaks ini harus dilakukan dengan cara pemerintah bertindak tegas, disinilah perannya daripada Menteri Kominfo,” ujar politikus Golkar itu.
“Pak Johnny G Plate (Menteri Kominfo,red) dengan jam terbang yang cukup mendekati F-16 ini dalam posisi jam terbang tinggi tentu bisa mengatasi konten-konten yang hoaks ini,” pungkasnya.[prs]

  • Bagikan