Wall Street Menguat Tajam di Tengah Harapan Stimulus Hari Pemilu AS

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wall Street menguat tajam pada penutupan Selasa (Rabu pagi WIB), ketika warga Amerika memberikan suara dalam salah satu pemilihan presiden paling sengit di negara itu dan investor bertaruh itu akan diputuskan tanpa proses yang berkepanjangan, yang mengarah ke kesepakatan cepat pada lebih banyak stimulus fiskal.
Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 554,98 poin atau 2,06 persen, menjadi berakhir di 27.480,03 poin. Indeks S&P 500 meningkat 58,92 poin atau 1,78 persen, menjadi ditutup pada 3.369,16 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir melonjak 202,96 poin atau 1,85 persen menjadi 11.160,57 poin.
Kenaikan meluas, dengan 10 dari 11 sektor uta S&P 500 berakhir di wilayah positi, dipimpin oleh keuangan dan industri, masing-masing terangkat lebih dari dua persen, sementara investor memangkas beberapa taruhan pada volatilitas pasca pemungutan suara yang mendominasi dalam beberapa pekan terakhir. Indeks Volatilitas CBOE menyentuh level terendah satu minggu setelah mencapai level tertinggi 4,5 bulan minggu lalu.
Kepemimpinan Joe Biden dari Demokrat atas Presiden Donald Trump dari Republik dalam jajak pendapat nasional telah meningkatkan ekspektasi untuk hasil yang menentukan dan paket stimulus pasca pemilihan yang akan memenuhi janji Biden tentang belanja infrastruktur.
Beberapa analis mengatakan kenaikan kuat pasar juga mencerminkan rebound dari aksi jual pekan lalu, persentase penurunan mingguan terbesar untuk S&P 500 dalam lebih dari tujuh bulan.
“Tampaknya jajak pendapat telah menyempit sehingga sedikit lebih sulit bagi Biden, tetapi reaksi pasar seperti sekarang memberi tahu saya bahwa pasar berpikir kita akan mendapatkan resolusi dengan cukup cepat,” kata Randy Frederick, wakil presiden perdagangan dan turunannya untuk Charles Schwab di Austin, Texas.
“Jika karena alasan tertentu kami tidak memiliki gambaran yang jelas, jika ada keengganan untuk menyerah dari pihak yang kalah dan ini akhirnya harus pergi ke pengadilan, kami berada di pasar yang berombak dan bergejolak untuk sementara.”
Pada Malam Pemilihan 2016, indeks saham berjangka AS anjlok karena terlihat jelas bahwa Trump dapat meraih kemenangan melawan Hillary Clinton Demokrat. Indeks acuan S&P 500 sejak itu telah melonjak 55 persen karena tarif pajak Trump yang lebih rendah meningkatkan laba perusahaan dan pembelian kembali saham.
Namun, tidak semua sektor saham yang diidentifikasi para analis sebagai peraih keuntungan dari kampanye Demokrat, dengan perusahaan ganja dan perusahaan energi terbarukan lebih rendah.
Demokrat juga difavoritkan unggul dari 14 pertarungan Senat AS yang diperebutkan dengan kontrol penuh di Kongres, meskipun hasil akhir, setidaknya lima dari kontes tersebut mungkin tidak tersedia selama berhari-hari, atau berbulan-bulan dalam beberapa kasus.
Beberapa orang memandang perlombaan di negara bagian-negara bagian mengambang yang diperebutkan dengan sengit, sebagai cukup dekat ke Trump dapat mengumpulkan 270 suara Electoral College yang dia butuhkan untuk tetap di Gedung Putih empat tahun lagi. (ant/ndi)

  • Bagikan