Terinfeksi Covid-19, Menteri Kesehatan Brazil Dilarikan ke Rumah Sakit

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Kesehatan Brazilmenyatakan, Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello dilarikan ke rumah sakit setelah terinfeksi Covid-19. Kementerian itu mengatakan, kondisi Pazuello saat ini stabil.
“Pazuello masuk ke rumah sakit di Brasilia pada hari Jumat karena dehidrasi, setelah dinyatakan positif mengidap virus Corona pada 21 Oktober. Dia akan tinggal di rumah sakit hari ini, ketika dia akan dievaluasi kembali,” kata kementerian itu.
“Tidak ada kebutuhan untuk tindakan pendukung seperti suplementasi oksigen,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (1/11/2020).
Satu hari setelah dinyatakan positif, Pazuello bertemu dengan Presiden Brazil, Jair Bolsonaro. Dalam video yang viral di media sosial menunjukkan keduanya mengobrol tanpa menggunakan masker.
Bolsonaro mengatakan, kasus Pazuello adalah contoh lain yang menunjukkan bahwa obat chloroquine yang kontroversial membantu penderita Covid-19 untuk pulih dengan cepat.
Bolsonaro, yang berusaha mengecilkan tingkat keparahan virus, telah menganjurkan penggunaan obat chloroquine dan hydroxychloroquine terkait, meskipun kurangnya bukti ilmiah bahwa obat itu membantu orang-orang yang terinfeksi Covid-19.
Selama pandemi, dua menteri kesehatan Brazil secara berturut-turut mengundurkan diri dalam kurun waktu sebulan. Sebagian karena sebagai dokter, mereka sendiri tidak akan sepenuhnya mendukung penggunaan chloroquine.
Berbeda dengan dua menteri sebelumnya, Pazuello, yang merupakan seorang jenderal Angkatan Darat yang bertugas aktif tanpa gelar medis, telah memperluas akses ke chloroquine dan mengizinkannya untuk digunakan kepada hampir semua orang yang dites positif terkena Covid-19.(Din)

  • Bagikan