Protes Kebijakan Imigrasi AS, Demonstran di Meksiko Bakar Boneka Trump

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Demonstran di Meksiko membakar patung Donald Trump dan agen patroli perbatasan di perbatasan Amerika Serikat (AS). Mereka mengutuk kebijakan migrasi dan mendesak orang Amerika untuk menolaknya, dengan tidak memilih Trump dalam pemilihan umum AS pekan depan.
Demonstrasi yang dilakukan puluhan aktivis migran dilakukan dekat pagar yang memisahkan Meksiko dari AS di kota Tijuana. “Trump, kami tidak akan membayar untuk tembok Anda,” kata para aktivis tersebut, lalu membakar patung pemimpin AS.
“Kami meminta orang-orang untuk memilih menentang Trump dan mendukung harapan. Joe Biden telah menjanjikan kami reformasi migrasi kemanusiaan, kami akan mengawasi untuk memastikan janji-janji itu ditepati kali ini,” kata Hugo Castro, seorang aktivis migran AS-Meksiko, seperti dilansir Reuters pada Minggu (1/11/2020).
Di samping patung Trump, para demonstran juga membakar pinata agen patroli perbatasan. Ini terjadi seminggu setelah seorang pria Meksiko, yang mencoba menyeberang ke AS di perbatasan Tijuana-San Diego, tewas dalam pertengkaran dengan agen patroli perbatasan Amerika.
Seperti diketahui, Trump, yang berusaha untuk memenangkan kembali pemilihan umum AS, telah berjanji untuk menghentikan imigrasi ilegal dari Meksiko, yang dia tuduh mengirim pemerkosa dan pembunuh ke negaranya.
Bersikeras Meksiko akan membayar tembok perbatasan yang dia bangun antara kedua negara, Trump telah mendorong dan mengancam Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador untuk memperketat perbatasan Meksiko terhadap para migran dari Amerika Tengah.(ilm)

  • Bagikan