Jaksa Agendakan Pemeriksaan Bupati Manggarai Barat Pekan Depan

Realitarakyat.com – Tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejaksaan Tinggi NTT, kini terus berupaya untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi aset negara di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dengan estimasi kerugian negara hingga Rp. 3 Triliun.
Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim, S. H, kepada wartawan, Senin (2/11/2020) mengatakan tim penyidik Tipidsus Kejati NTT telah menggagendakan pemeriksaan sejumlah saksi terkait kasus dugaan korupsi aset negara di Kabupaten Mabar.
Dijelaskan Abdul, sejumlah saksi yang bakal dipanggil diantaranya Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH. Dula, A. Readiana Ndapamerang, mantan Sekda Kabupaten Mabar dan mantan asisten I Kabupaten Mabar.
“Jadwal pemeriksaan saksi sudah diagendakan oleh tim penyidik Tipidsus Kejati NTT yakni Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH. Dula, A. Resdiana Ndapamerang dan mantan Asisten I Kabupaten Manggarai Barat,” sebut Abdul.
Dilanjutkan Abdul, selain itu tim penyidik Tipidsus Kejati NTT juga bakal memeriksa Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai Barat dan Kabag Tatapem Kabupaten Manggarai Barat.
Dalam kasus itu, kata Abdul, tim penyidik Tipidsus Kejati NTT telah melakukan penyitaan sejumlah dokumen penting yang berkaitan dengan kasus tersebut di Kantor Bupati Mabar dan Kantor BPN Kabupaten Mabar.
Bahkan, tambah Abdul, tim penyidik Tipidsus Kejati NTT telah menyita hand phone (hp) milik Bupati Mabar, Agustinus CH. Dula dan Kabag Tatapem Kabupaten Manggarai Barat beberapa waktu lalu.
“Sudah sita dokumen termasuk Hand Phone Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH. Dula. Ada isi pesan singkatnya makanya disita penyidik Tipidsus Kejati NTT,” ujar Abdul.
Terkait dengan pemeriksaan Bupati Mabar, Agustinus CH. Dula, Abdul mengatakan bahwa pemeriksaan Bupati Mabar sebagai saksi bakal dilakukan di Kantor Kejati NTT pekan depan.
“Sama halnya dengan saksi – saksi lainnya akan diperiksa di Kantor Kejati NTT untuk penuntasan kasus itu, ” sebut Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT.(rey)