Arus Balik Libur Panjang di Bandara Soekarno Hatta Membludak

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sejak, Minggu pagi hingga pagi ini Senin (2/11/2020), yang merupakan puncak arus balik periode libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020, diperkirakan mencapai sekitar 67.000 orang. Adapun tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mencapai hampir 90%.
“Melihat data yang kami terima dari maskapai, jumlah penumpang pada puncak arus balik hari minggu kemarin di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 67.000 orang, yang merupakan jumlah penumpang tertinggi di tengah pandemi ini. Sementara itu, pergerakan pesawat kami perkirakan mencapai 700 penerbangan,” ungkap Awaluddin, Senin (2/11/2020).
“Kami berharap tren ini dapat terjaga, dan yang paling penting adalah agar PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder dapat dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan melalui konsep Biosafety dan Biosecurity Management,” imbuh Awaluddin.
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung operasional Bandara Soekarno-Hatta, terkait arus balik libur panjang, langsung melihat proses validasi dokumen kesehatan (hasil rapid test/PCR test) yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).
Setelah itu, Menhub melihat situasi di check in area serta boarding lounge yang merupakan tempat menunggu bagi traveler sebelum naik ke pesawat. Usai meninjau sisi darat Terminal 2, Menhub menuju sisi udara Terminal 3 untuk melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap salah satu pesawat.
Menhub kemudian juga melakukan pengecekan alur kedatangan internasional, termasuk melihat shelter pengambilan sampel PCR Test bagi penumpang pesawat dari Singapura di dalam skema Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia-Singapura. Terkait ini, Menhub juga melihat kendaraan Mobile Diagnosis Real Time PCR yang ada di Terminal 3. Adapun shelter pengambilan sampel PCR Test dan kendaraan Mobile Diagnosis Real Time PCR merupakan hasil kerja sama PT Angkasa Pura II dan Farmalab yang merupakan anak usaha Indofarma.
“Saya pastikan bahwa layanan bandara berjalan dengan baik. Saya apresiasi PT Angkasa Pura II, maskapai, KKP, AirNav Indonesia, Otoritas Bandara, dan khususnya TNI/Polri yang siaga penuh 24 jam. Hari ini kita pastikan layanan dan safety berjalan dengan baik, lebih dari itu protokol kesehatan juga berjalan baik. Protokol kesehatan harus dikawal,” jelas Budi Karya Sumadi.
Selain melakukan peninjauan, Menhub juga membagi-bagikan masker gratis bagi para penumpang, staf pihak ground handling, dan staf bandara.(Din)

  • Bagikan