Connect with us

Politik

Wapres: Warga yang Nekat Mudik Akan Diawasi Ketat

Published

on

ilust/net

Realitarakyat.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan masyarakat yang tetap ingin pulang ke kampung halaman selama masa darurat COVID-19 akan mendapat pengawasan ketat secara kesehatan dan keamanan dari pemerintah daerah setempat.

“Kalau yang sudah terlanjut (pulang kampung), saya akan minta pemerintah daerah untuk mengamati itu, mengawasi itu, supaya jangan sampai si pemudik ini membawa dan menyebarkan COVID-19 ke daerahnya. Pemda harus tegas,” kata Wapres Ma’ruf dalam telekonferensi pers dari rumah dinas wapres di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Wapres menyebutkan Pemda Jawa Tengah telah menerapkan pengawasan ketat terhadap warganya yang datang dari luar daerahnya, khususnya dari Jakarta. Upaya pemda seperti itu harus dicontoh oleh daerah-daerah lain yang warganya banyak merantau ke Ibu Kota.

“Seperti Jawa Tengah itu kan sudah melakukan pengawasan yang ketat, bahkan menunggu di perbatasan daerah untuk memeriksa mereka yang mudik, apakah mereka bebas COVID-19 atau tidak. Saya minta kepada daerah lain untuk melakukan hal sama, untuk mencegah penyebaran itu,” tegasnya.

Wapres juga meminta pemda-pemda untuk menyiapkan strategi pencegahan apabila masih ada warga yang nekat mudik di tengah imbauan dan upaya Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Memang ini pemda-pemda ada pekerjaan tambahan, punya tugas baru, yaitu meneliti mereka yang mudik. Jangan sampai membawa wabah COVID-19 ke daerah masing-masing. Tapi tetap, sarannya adalah jangan mudik,” katanya.(vie)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Presiden Jokowi: Libur Hari Raya Akan Diganti

Published

on

Foto: Antara
Continue Reading

Politik

ASN yang Meninggal Karena Tangani COVID-19 Diberi Pangkat Anumerta

Published

on

ilust/net
Continue Reading

Politik

KTT ASEAN Perkuat Kerja Sama Hadapi COVID-19

Published

on

Foto: ist
Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending