Connect with us

Politik

PKS Apresiasi Langkah Gubernur Papua yang Tutup Akses Demi Cegah Corona

Published

on

Realitarakyat.com – Gubernur Papua Lukas Enembe akan menutup akses keluar-masuk Papua mulai besok untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19).

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memuji Pemerintah Provinsi Papua yang cepat tanggap menghadapi isu Corona. Dia meminta agar pasokan barang dan makanan cukup.

“Responsif, tinggal pastikan pasokan tidak terganggu, insyaallah bisa,” kata Mardani saat dihubungi, Rabu (25/3/2020).

Anggota Komisi II DPR itu mengatakan Pemprov Papua berwenang menutup akses masuk dan keluar daerahnya. Justru bakal bahaya bila Papua tetap membuka diri dalam kondisi pandemi seperti ini. Layanan kesehatan dan tenaga medis di Papua punya tantangan tersendiri bila kasus Corona di Papua meningkat.

“Papua punya hak menutup arus perjalanan karena kondisi layanan kesehatan memang jauh dari ideal. Tidak terbayang kondisi Papua jika arus perjalanan tidak ditutup,” ujar Mardani.

Ia meminta agar pasokan barang, makanan, dan alat kesehatan dapat mencukupi kebutuhan Papua meski akses masuk dan keluar ditutup. Ia menyebut Papua perlu diperhatikan dalam menghadapi wabah Corona.

“Wajib (ketersediaan barang dan alat kesehatan), jangan sampai keputusan menutup membuat rakyat tidak mendapat pelayanan utamanya. Dalam kondisi seperti ini, yang paling rentan yang paling tertinggal. Papua perlu dapat perhatian,” tuturnya.

Mardani menilai daerah lain juga perlu mengikuti Papua yang menutup akses dan keluar. Misalnya daerah DKI Jakarta dan kota yang banyak terdapat perpindahan penduduk.

“DKI dan Jabodetabek sudah mendesak. Kota besar yang perpindahan orangnya tinggi sudah wajib,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, guna merespons kondisi pandemi virus Corona, Pemerintah Provinsi Papua, yang dipimpin Gubernur Lukas Enembe, menutup akses keluar-masuk Papua. Penutupan ini dilakukan dalam kurun 14 hari, mulai 26 Maret nanti.

“Kesepakatan bersama Forkopimda dengan bupati, wali kota, se-Provinsi Papua, hal pertama, di daerah wilayah adat Mee Pago, La Pago, dan Animha untuk sementara ditutup,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinaen dalam video yang dikirimkan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar, Selasa (24/3).

Pemerintah daerah Papua akan menutup penerbangan penumpang. Akses laut di semua pintu masuk untuk sementara dihentikan. Yang tetap bisa masuk hanya untuk barang atau sembako.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

KPU Diminta Siapkan DIM Teknis Penyelenggaraan Pemilu dalam Perppu

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Politik

Ansy Lema : Pemerintah Harus Jamin akan Ketersediaan 11 Pangan Pokok di Masa Pandemi Covid-19

Published

on

Ilustr/net
Continue Reading

Politik

Legislator NTT Ini Desak Pemerintah Lebih Berpihak pada Peternak Kecil

Published

on

Yohanis Fransiskus Lema, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP Dapil NTT 2. Sumber Foto : Dok/Istimewa
Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending