Connect with us

Ekonomi

Kemendag Percepat Importasi Alkes dan APD Covid-19

Published

on

ilust/net

Realitarakyat.com – Kementerian Perdagangan adalah mempercepat importasi alat kesehatan dan pelindung diri dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedelapan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 87 M-DAG/PER/10/2015 Tentang Ketentuan Impor Produk Tertentu.

Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya menjaga ketersediaan alat kesehatan dan alat pelindung diri di tengah merebaknya virus Corona setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi.

“Melalui Permendag ini, Kementerian Perdagangan melakukan relaksasi atau kemudahan impor produk tertentu, khususnya terkait importasi produk alat kesehatan dan alat pelindung diri. Produk-produk tersebut adalah masker, pakaian medis, sarung tangan, dan alat kesehatan lainnya,” jelas Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dikutip dari laman Kemendag, Kamis (26/3/2020).

Relaksasi impor yang diberikan adalah pengecualian atas satu-satunya persyaratan yang ada yaitu ketentuan Laporan Surveyor (LS) di negara asal atau pelabuhan muat, dan pembatasan pelabuhan masuk. Sehingga impor atas produk-produk tersebut tidak memerlukan perizinan apapun.

Relaksasi ini akan diberikan sampai dengan 30 Juni 2020. Pengapalan produk-produk tertentu tersebut hanya perlu dibuktikan dengan Bill of Loading (B/L).(vie)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Pengamat: Kebijakan BI Tenangkan Pasar

Published

on

Foto: Antara
Continue Reading

Ekonomi

PLN Juga Akan Beri Token Gratis untuk Pelanggan Prabayar

Published

on

ilust/net
Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Pasokan Masyarakat, Kemenperin Jaga Produktivitas Industri Mamin

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending