Connect with us

Peristiwa

Hari ini Sejumlah Wilayah di Indonesia Khususnya Jabodetabek Berpotensi Hujan lebat Disertai Petir

Published

on

Realitarakyat.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir di Indonesia pada 28 Februari meliputi sebagian besar Kalimantan (Barat, Tengah, Timur, Selatan), Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan (Sumsel), Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur (Jatim), Bali, Nusa Tenggara (Barat dan Timur), Sulawesi Barat, hingga Papua.

Sementara untuk 29 Februari, berlaku untuk sebagian besar Kalimantan (Barat, Tengah, Timur, Selatan), Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Babel, Jabar, DKI Jakarta, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat (Sulbar), hingga Papua.

Terakhir, untuk 1 Maret mendatang, prakiraan yang sama akan menimpa sebagian besar Kalimantan (Barat, Tengah, Timur, Selatan), Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Babel, Jabar, DKI Jakarta, Jateng, DIY, Jatim, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua.

Pembaruan prakiraan dari BMKG ini berlaku mulai Jumat, 28 Februari 2020, sejak pukul 21.34 WIB.

Peringatan dini cuaca tersebut dikeluarkan melalui Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R, untuk periode 28 Februari 2020 sampai 01 Maret 2020 mendatang, berdasarkan hasil pengamatan sebagai berikut:

Terdapat daerah tekjanan rendah di Utara Papua Barat dan Australia bagian Utara. Konvergensi memanjang dari Semenanjung Malaysia hingga Sumatera Utara, di Bengkulu, dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim), di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Papua.

“Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian Utara, Kalimantan dan Papua. Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi bagian Timur dan Kalimantan Utara (Kaltara) bagian Timur,” terang Mulyono melalui keterangan resmi yang diterima RRI, Sabtu (29/2/2020) dini hari.

Mulyono lanjut menuturkan, daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Sumatera Selatan (Sumsel), Jawa Tengah (Jateng), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sebelumnya, BMKG juga menyampaikan peringatan dini cuaca untuk periode 28 Februari 2020 sampai 01 Maret 2020 mendatang.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat pada 28 Februari meliputi sebagian besar Sulawesi (Utara, Tengah, Tenggara), Lampung, Banten, hingga Papua Barat.

Sementara untuk 29 Februari, berlaku untuk Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumsel, Lampung, Banten, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagian besar Sulawesi hingga Gorontalo, sampai Maluku Utara dan Papua.

Terakhir untuk 1 Maret mendatang, prakiraan yang sama akan menimpa sebagian besar Sumatera (Utara, Barat, Selatan), Lampung, Banten, Bali, Sulawesi (Tengah dan Tenggara) sampai Gorontalo.(ilm)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Peristiwa

Waka Jaksa Agung Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan, Berikut Kronoli Kejadiannya

Published

on

wakil Kejaksaan Agung Dr. Arminsyah SH,MSi
Continue Reading

Peristiwa

Seorang Pria Tewas Terlindas Truk di Jalan Raya Bekasi

Published

on

Continue Reading

Peristiwa

Diduga Setres , Seorang ODP Virus Corona Kabur dari Rumahnya

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending