Connect with us

Politik

Pemerintah Diminta Libatkan Masyarakat dalam Pembahasan RUU Omnibus Law

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Tim pemerintah yang bertugas membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law, diminta untuk melibatkan dan meminta pendapat dari masyarakat luas dalam pembahasannya.

Hal itu perlu dilakukan, mengingat mekanisme pembahasan RUU skema Omnibus Law ini harus berbeda dengan model pembahasan RUU pada umumnya, terutama dalam menampung aspirasi masyarakat luas.

Demikian dikemukakan Sekjen DPP PPP, Arsul Sani, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

“Kalau RUU biasanya setelah masuk DPR maka aspirasi masyarakat didengarkan di DPR melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) lalu menyampaikan aspirasi kepada fraksi,” kata dia.

Meskipun RUU Omnibus Law inisiatif pemerintah, kata arsul, namun dalam membahas RUU itu pemerintah boleh mengubah posisi bahasannya.

Misalnya terkait pasal 170 RUU Cipta Kerja yang dinilai masyarakat bertentangan dengan konstitusi maka pemerintah harus mengubahnya agar tidak menabrak tata urutan perundangan.

“Kemudian pasal 170 itu juga dianggap mengacaukan sistem ketatanegaraan kita maka boleh saja justru pemerintah mengubah sendiri pasal tersebut,” ujarnya menambahkan.

Langkah itu, menurut dia, agar bisa menghadirkan rumusan RUU baru melalui mendengarkan masukan berbagai pihak.

Anggota Komisi III DPR itu menilai terkait target waktu penyelesaian dalam 100 hari kerja, itu tergantung seberapa banyak poin-poin yang dipersoalkan ketika proses pembahasannya, di antaranya soal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Izin Mendirikan Bangunan, dan lain sebagainya. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Waketum Gerindra Arief Puyono Minta Luhut Dan Said Didu Berdamai

Published

on

Continue Reading

Headline

Presiden Jokowi Minta 10 Negara dengan Kasus COVID-19 Tertinggi Diumumkan

Published

on

ilustr/net
Continue Reading

Politik

Pastikan Pemudik Bebas COVID-19, Pemerintah Desa Diminta Bangun Pos Jaga

Published

on

Continue Reading
Loading…

#Trending