Connect with us

Ekonomi

TII Menilai Dibawah Kepemimpinan Eric Thohir Persoalan Transparasi BUMN Meningkat Pesat

Published

on

Realitarakyat.com – Transparancy International Indonesia menilai ada persoalan transparansi di Kementrian BUMN meningkat cukup pesat hampir 2 kali lipat sejak 2014 hingga 2018. Hal itu dikatakan Sekjen Transparansi Internasional Indonesia Danang J Widoyoko dalam diskusi masa depan BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir di Cikini, Jakarta, Kamis (27/2).

Menteri Erick Thohir visinya membagi BUMN jadi dua fungsi pelayanan publik dan nilai tambah. Tapi bagi BUMN yang tidak bisa memenuhi dua fungsi itu bisa dimerger atau dilikuidasi. Menurut Danang J Widoyoko masih belum jelas BUMN apa yang akan dimerger dan dilikuidasi karena kerjaaanya banyak sekali.

Danang memaparkan Jokowinomics mengandalkan BUMN untuk pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur.

“Memberikan dukungan penyertaan modal kepada BUMN, ex Adikarya membangun LRT di Jabodetabek. Banyak BUMN menjadi pemain utama di sektornya masing-masing, ex di konstruksi ada Waskita, Wijayakarya, Adhikarya, sementara perbankan Mandiri, BNI yang merupakan pemain besar. Tidak semua BUMN dalam kondisi sehat, banyak yang merugi ada ketimpangan karena keuntungan BUMN terbesar hanya sedikit BUMN. Cuma 10 BUMN yang menyumbang 60% dari total keuntungannya,” kata Danang saat diskusi Dengan Tema” masa depan BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir” di Cikini, Kamis (27/2).

Menurut Danang, aset BUMN hampir 59,74% dari total produk domestik bruto Indonesia di 2018 yaitu Rp8.117,61T berdasarkan laporan keuangan pemerintah pusat 2018. “Ini jadi salah satu pekerjaan rumah Menteri BUMN Erick Thohir karena tidak banyak informasi dari Kementerian BUMN,” tegasnya.

Danang mengatakan, untuk 2019 Transparansi Internasional Indonesia belum mengetahui seberapa besar aset BUMN-BUMN tersebut karena masih menunggu. Sebagian BUMN tbk masih akan melakukan RUPS di Maret & April, sementara LPP biasanya muncul di Juni-Juli.

“Tranparansi Internasional Indonesia masih menunggu hingga pertengahan tahun sampai melihat dampak utuh di 2019,” tandasnya.(Ilm)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

‘Manut’ Arahan Presiden, Kemendag Tunda Trade Expo Indonesia 2020

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Cegah Dampak Covid-19, Kemenperin Bikin Aplikasi Distribusi Bahan Baku

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Pelaku IKM Mampu Produksi Masker dan APD

Published

on

foto: ist
Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending