Connect with us

DPR

Kehadiran Ombusdman harus Berdampak pada Perbaikan Pelayanan Publik

Published

on

Foto: ist/net

Realitarakyat.com – Ketia Ombudsman RI, Amzulian Rifai, menyerahkan laporan kinerja lembaganya tahun 2019 ke DPR. Laporan tersebut, diterima langsung Ketua DPR RI, Puan Maharani, di gedung DPR, Jakarya, Selasa (25/2/2020).

Penyerahan laporan kinerja tersebut, merupakan suatu kewajiban bagi Ombudsman RI sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI.

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin yang turut mendampingi Puan, mengatakan bahwa kehadiran Ombusdman RI harus berdampak pada perbaikan pelayanan publik.

“Ombudsman didirikan untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah baik pusat maupun derah,” katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2020)

Menurut Azis, agar kinerja Ombusdman dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Ombusdman harus memiliki target dalam melaksanakan tugasnya mengawasi kementerian dan lembaga negara tanpa mengabaikan laporan masyarakat.

“Ombusdman mengawasi semua kementerian dan lembaga. Kami berharap, ke depan Ombusdman memiliki target apa yang akan diperbaiki terlebih dahulu.¬†Daripada banyak tapi tidak mendalam, lebih fokus memperbaiki apa, ada targetnya, namun tidak mengabaikan laporan masyarakat,” katanya.

Terkait anggaran yang dinilai kecil, Azis mengayakan akan memperjuangkan peningkatan anggaran agar kinerja Ombusdman lebih efektif dan efesien. Selain itu, pihaknya juga berharap agar instansi penyelenggara pelayanan publik menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Ombusdman, sehingga keberadaannya dirasakan manfaatnya.

Di samping menyerahkan laporan kepada Ketua DPR RI, Ketua Ombusdman RI Amzulian Rifai menyampaikan bahwasanya Ombudsman membutuhkan dukungan dari DPR RI dalam melaksanakan fungsinya sebagai lembaga pengawas, salah satunya adalah melalui dukungan anggaran.

“Dalam pertemuan tadi juga disampaikan bahwa Ombudsman perlu dukungan ketika menyampaikan laporan kepada institusi. Jika ada dukungan dari DPR RI, saya rasa pengawsan terhadap pelayanan publik akan lebih efektif. Termasuk juga soal anggaran. Bagaimana fungsi pengawasan bisa efektif jika anggaran Ombudsman tidak memadai,” katanya. (ndi).

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

DPR

Minggu Depan DPR RI akan lanjutkan Pembahasan RUU Omnibus Law

Published

on

Continue Reading

DPR

M Husni Dukung Kebijakan Kemenag Dalam Acara Pernihan Untuk Tidak Buat Pesta

Published

on

Continue Reading

DPR

Dalam Sebulan 11 Dokter Meninggal Karena Covid-19, DPR Minta Pemerintah Penuhi Kebutuhan APD Tenaga Medis

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending