Connect with us

Nasional

BNPT: Generasi Muda dan Perempuan Rentan Terpapar Paham Radikalisme

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Generasi muda dan kaum perempuan akhir-akhir ini masih terlihat rentan terpapar paham radikal terorisme yang pada akhirnya menjadi pelaku terorisme.

Demikian dikemukakan Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol. Hamli, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/2/2020) malam.

Dia mengatakan, agar penyebaran paham tersebut tidak meluas, pihaknya meminta masyarakat bersama-sama bisa melakukan upaya pencegahan paham radikal terorisme di lingkungan sekitarnya.

Ketika tampil pada Talk Show on the Street dalam kegiatan Crime Prevention, Day, Making Indonesia 4.0 yang diselenggarakan oleh Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI), mengemukakan hasil penelitian bahwa kerentanan itu tergantung pada latar belakang itu sendiri.

“Nah, sekarang yang banyak itu adalah pemuda dan juga kaum perempuan yang pada saat ini kerentanannya itu cukup signifikan. Hal seperti itu harus menjadi perhatian kita semua,” katanya.

Dalam sambutan penghantarnya di depan masyarakat Brigjen Hamli pun menjelaskan bahwa aksi terorisme itu sendiri dimulai dari sifat dari manusia yang menunjukkan gejala pemikiran radikal negatif. Radikal negatif itu sendiri bermula dari intoleransi.

Untuk itulah, dirinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar sama-sama memahami apa itu terorisme, apa itu radikalisme dan apa itu intoleransi.

“Kalau masyarakat sendiri tidak paham mengenai hal tersebut, tentunya masyarakat tidak akan tahu apa yang harus dikerjakan. Setelah paham baru bersama-sama melakukan upaya pencegahan ini,” ujarnya.

“Ini adalah langkah awal supaya masyarakat bisa mengetahui secara jelas. Ketika sudah paham masyarakat ini bisa melakukan pencegahan secara dini. Kalau sudah memahami, maka masyarakat juga ikut membantu pemerintah dalam rangka mencegah kejahatan itu, terutama kejahatan terorisme,” ujar alumnus Sepamilsuk ABRI tahun 1989 ini menambahkan. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Jokowi Pastikan Napi Korupsi Tidak Ikut Di Bebaskan

Published

on

Continue Reading

Nasional

Presiden Jokowi Minta Rapid Test Diutamakan Untuk Dokter dan Keluarganya

Published

on

Continue Reading

Nasional

Mendagri Keluarkan Instruksi Kepada Kelapa Daerah terkait Kebijakan Eksekusi di Tangan Pemerintah Pusat

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending