Connect with us

Ekonomi

Dirut LPDB: Pinjaman Modal Tahun Ini akan Difokuskan ke Koperasi

Published

on

Realitarakyat.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir – Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tahun ini akan menghentikan sementara pemberian bantuan pembiayaan terhadap Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan UKM dan berkonsentrasi kepada koperasi.

Hal itu dimaksudkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara nasional melalui usaha yang dikelola koperasi di seluruh Indonesia.

Demikian dikemukakan Direktur LPDB-KUMKM, Braman Setyo, saat menyambangi markas Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Jaya, di Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (21/2/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua KUD Tani Jaya, Suyanto, pengurus dan puluhan anggota lainnya.

“Perlu diketahui, untuk tahun 2020 ini, LPDB akan full fokus pada sektor koperasi. Pemberian bantuan modal usaha untuk BPR dan UKM sementara distop. LPDB akan fokus ke koperasi. Langkah ini dilakukan, sesuai arahan dari Bapak Menteri Koperasi, Teten Masduki terkait upaya mengembangkan koperasi di seluruh Indonesia,” ujar Braman.

Tujuannya, kata Braman, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional, yang saat ini masih di kisaran angka 5,06 persen.

Karenanya, Braman berharap agar koperasi dan KUD di seluruh Indonesia, untuk mengambil langkah jemput bola dengan mengajukan proposal pinjaman permodalan ke LPDB untuk mengembangkan usahanya.

“Mumpung saya sedang di sini, saya berharap KUD Tani Jaya berperan aktif mengkoordinir KUD-KUD yang ada di Kabupaten Mojokerto untuk bersama-sama mengajukan proposal ke LPDB,” katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya siap membantu bimbingan dalam pembuatan proposal pengajuan pinjaman. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian yang tinggi dari LPDB dalam mengajukan pinjaman.

Karenanya, Braman menyambut positif gagasan akan dilakukannya pertemuan KUD se Kabupaten Mojokerto pada April mendatang, sebagaimana dikemukakan Ketua KUD Tanu Jaya, Suyanto.

“Silakan Pak Yanto untuk mengkoordinir dan mengumpulkan KUD-KUD yang ada untuk melakukan kegiatan dan mengajukan proposal ke LPDB untuk memperoleh pembiayaan. Biarlah tim dari Jakarta untuk membimbing dalam membantu menyusun proposalnya. Jadi lebih enak, lebih cepet. Kami siap membantu permodalan. Saya rasa ini merupakan model yang sangat tepat dan cepat dalam membantu permodalan bagi KUD-KUD,” ujar Braman.

Menurut Braman, model jemput bola seperti ini, diharapkan akan lebih efektif dalam meningkatkan produktifitas KUD ke depan.

“Kalau kita hanya menunggu di Jakarta, tentu kami akan sulit memperoleh informasi terkait koperasi yang baik. Karena tidak sedikit koeprasi yang sudah berjalan baik, informasinya belum tentu sampai ke jakarta,” ujarnya lebih lanjut.

Braman mengatakan, kegiatan yang diinisiasi KUD Tani Jaya tersebut, merupakan salah satu upaya untuk melakukan revitalisasi KUD. Karenanya, kata Braman, diharapkan KUD Tani Jaya menginisiasi untuk melakukan pertemuan-pertemuan seperti itu, dan nantinya LPDB akan hadir untuk menyiapkan pendanaannya.

Atas jawaban tersebut, Suyanto menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap komitmen LPDB-KUMKM yang dinilainya telah banyak membantu koperasi, tak hanya di wilayah Jawa Timur, tetapi di hampir seluruh koperasi yang tersebar di pelosok Indonesia.

“Omzet kami Rp5 miliar, SHU (sisa hasil usaha) yang diperoleh terakhir sebesar Rp800 juta. Sementara untuk simpan pinjam, kami belum ada dana yang masuk dari bank manapun, hanya dari LPDB yang 2 miliar itu,” ujar Suyanto yang sukses mengelola KUD Tani Jaya hingga bisa berhasil mengembangkan sektor usahanya.

Bahkan, menurut Suyanto, KUD Tani Jaya merupakan salah satu koperasi yang menjadi sponsor pendirinya Badan Perkreditan Rakyat (BPR). “Tapi karena bentuknya primer, maka KUD tidak bisa masuk karena primer> Makanya kami menciptakan penjelmaan. Setelah BPR makin besar, kami khawatir nanti diakui oleh anak perusahaannya, makanya kami bentuk PT atas nama lembaga. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Permintaan Batubara Dunia Melemah Akibat COVID-19

Published

on

ilustr/net
Continue Reading

Ekonomi

Kemenperin Uji Coba Distribusi Bahan Baku Lewat Aplikasi

Published

on

ilustr/net
Continue Reading

Ekonomi

Cegah Penyebaran COVID-19, Kemendag Tunda Trade Expo 2020

Published

on

ilustr/net
Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending