Connect with us

Daerah

Hakim Nilai Saksi Berbohong, Sidang Kasus Korupsi di Skors

Published

on

Realitarakyat.com – Ketua majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mengngi menjatuhkan skors atas sidang kasus dugaan korupsi pembangunan embung Mnela Lete di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Tahun 2015 senilai Rp. 756 juta.

Sidang terpaksa diskors karena saksi Yustus yang diajukan terdakwa Samuel Nggebu (Kadis PU TTS) dinilai berbohong dalam memberikan keterangan sebagai saksi fakta di Pengadilan Tipikor Kupang, Kamis (20/2/2020).

Bukan saja itu, majelis hakim memberikan skors hampir 10 menit untuk terdakwa keluar dari ruang sidang hanya untuk meneguk air mineral karena gugup.

“Sidang kita skors dulu ya karena saksi saya lihat mulai berbohong dalam memberikan keterangan,” kata hakim ketua, Dju Jhonson.

“Saya skors dulu. Saksi keluar diluar dulu karena bicara suara tidak ada lagi dan gugup sekalian minum air ya biar tenang,” tambah hakim.

Dalam keterangannya bahwa saksi memotong pipa pada embung Mnela Lete setelah dilakukan PHO oleh pihak terkait. Namun ketika ditanyakan lagi bahwa pipa itu dipotong bukan ditahun 2018 namun 2016.

Dalam kesempatan itu, ketua majelis hakim menegaskan bahwa saksi telah bersumpah yang mana akan memberikan keterangan yang baik dan benar.

“Ingat saksi bahwa kamu sudah disumpah dibawah Alkitab dan sumpah itu dihadapan Tuhan jadi jangan berbohong,” kata hakim.

Dalam kesempatan yang sama, JPU Kejari Kabupaten TTS, Mourist Kolobana menegaskan bahwa saksi jangan berbohong di Pengadilan karena telah disumpah berdasarkan agama dan keyakinan saksi.

Sehingga, kata JPU, saksi harus memberikan keterangan sesuai dengan kenyataan dan keadaan yang benar – benar dilihat oleh saksi.

Sidang kasus dugaan korupsi proyek embung Mnela Lete tahun 2015 senilai Rp. 756 juta dipimpin majelis hakim, Dju jhonson Mira Mengngi didampingi hakim anggota, Ari Prabowo dan Ali Muhtarom. Terdakwa Samuel Nggebu didampingi kuasa hukumnya, Adi Adoe. Turut hadir JPU Kejari Kabupaten TTS, Mourist Kolobana.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Bupati Paniai, Meki Nawipa, Angkut Sendiri Alkes Covid-19 dengan Pesawat Pribadinya hingga ke Pelosok Papua

Published

on

Bupati paniai (kiri, baju putih lengan pendek) angkut Alkes Covid-19 Untuk Masyarakatnya. Foto: Ist
Continue Reading

Bekasi

Sepasang Suami Istri Tewas Usai Minum Miras Oplosan

Published

on

Ilustrasi
Continue Reading

Daerah

Riza Patria Lolos Sebagai Wagub DKI Jakarta Dengan Memperoleh 81 Suara

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending