Connect with us

MPR

Tanggapi Rilis ICW, Bamsoet Dorong Pemerintah Rumuskan Strategi Pencegahan Praktik Suap

Published

on

Realitarakyat.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis hasil pemantauannya atas penyidikan kasus korupsi di seluruh Indonesia untuk periode 2019 terkait menurunnya tren penindakan kasus korupsi pada tahun 2019 dibandingkan tahun 2017 dan 2018, terutama kasus korupsi yang ditindak oleh Kepolisian dan Kejaksaan.

Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mendorong pemerintah dan lembaga pemberantasan korupsi untuk merumuskan strategi pencegahan praktik suap dengan memperkuat sistem integritas badan publik, serta mengefektifkan penggunaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pidana korporasi sebagai strategi mengoptimalkan pengembalian aset kejahatan korupsi dan pemiskinan pelaku korupsi.

“MPR tentu mendorong kepada pemerintah untuk mengevaluasi keseluruhan mekanisme perizinan sektor Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup yang rentan terhadap praktik penyuapan dan menimbulkan kerugian multidimensi,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/2/2020).

Dia juga mendorong pemerintah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung dan Kepolisian untuk lebih serius dan fokus dalam menerapkan konsep ‘asset recovery’ dalam upaya memiskinkan pelaku korupsi agar menimbulkan efek jera, sebagaimana dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang berencana memprioritaskan asset recovery tersebut dalam rangka pengembalian kerugian negara. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

MPR

Bamsoet Fasilitasi Rapid Test Wartawan Press Room MPR RI

Published

on

Continue Reading

MPR

Bamsoet Lantik Empat Anggota MPR RI Pergantian Antar Waktu

Published

on

Continue Reading

MPR

Ketua MPR RI Sebut, Jika Kita Bersatu dan Bergotong royong Virus Corona Bisa Kita Atasi

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending