Connect with us

Nasional

Kontak Senjata di Papua, Tim Gabungan TNI-Polri Lumpuhkan Seorang KKB

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Kontak senjata antara pasukan gabungan TNI-Polri di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Selasa (17/12/2019) kemarin, telah menyebabkan dua prajurit TNI gugur dan seorang KKB berhasil dilumpuhkan. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.20 WIT di sekitar Kampung Gulanggama dan Japaro Komplek.

Terkait hal itu, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (19/2/2020), menjelaskan bahwa kejadian itu berlangsung pada saat Tim Gabungan Satgas Gakkum TNI/Polri melaksanakan patroli keamanan melihat kelompok kriminal separatis bersenjata di sekitar Kampung Gulanggama Komplek dengan membawa 2 pucuk senjata.

“Pada saat pengejaran, terjadi kontak tembak dan KKB melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba. Setelah itu, tim gabungan melaksanakan pembersihan sektor kontak tembak. Saat pembersihan itulah, tim menemukan beberapa barang bukti, antara lain satu mayat laki-laki bernama Meki Tipagau (18),” kata Eko.

Ia menegaskan, Meki Tipagau dilumpuhkan karena saat kontak tembak membawa 1 pucuk senjata. Namun, dari keterangan saksi mata di lokasi kejadian, senjata yang sebelumnya dipegang Meki Tipagau, telah dibawa lari oleh anggota KKB lainnya.

Eko mengakui, dari kontak senjata tersebut, mengakibatkan seorang warga sipil bernama Kina Sani (14) mengalami luka tembak di bagian kaki kiri.

Korban diperkirakan terkena tembakan rekoset (pantulan) amunisi dari KKB yang melepaskan tembakan membabi buta dari posisi bawah lembah.

Barang bukti lain yang didapat tim gabungan di antaranya 1 unit laptop, unit 1 ponsel, 1 unit HT, 2 pucuk senjata rakitan, 1 unit mesin fax, 1 buah busur panah dan beberapa anak panah.

Sebelumnya, Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman melalui rilis, pada Rabu (18/12/2019), menyebut dua prajurit TNI yang gugur, yaitu Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky. “Saat ini kedua jenazah dalam proses evakuasi,” ujarnya.

Kedua prajurit TNI tersebut gugur saat melaksanakan tugas dalam menjamin keamanan warga Papua.

Menurut dia, Satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari warga masyarakat Sugapa bahwa warga masyarakat yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal, mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda yang dilakukan oleh KKB.

Mereka juga diduga sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengemudi ojek pada Oktober 2019. “Satgas Gakkum TNI bersama Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB. Pada saat melaksanakan patroli keamanan, terjadi kontak tembak yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur,” tutur Rahman.

Pasca kontak tembak, sambungnya, Satgas Gakum TNI-Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap KKB yang melarikan diri ke dalam hutan dan memastikan terjaminnya keamanan masyarakat menjelang perayaan Natal. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

KSPI Akan Kerahkan 50 000 Buruh Demo RUU Omnibus Law

Published

on

Continue Reading

Headline

PP Muhammdiyah Sebut Masyarakat Yang Menolak jenazah Virus Corona Bukaan Prilaku Islam

Published

on

Continue Reading

Nasional

Gugus Tugas Covid-19 Kemenag Serahkan 200 Liter Ethanol untuk RS Haji dan UIN

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending