Connect with us

Ragam

Marak Perdagangan Anak Lewat Internet, KPAI: Kewaspadaan Orang Tua Perlu Ditingkatkan

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, modus eksploitasi seksual dan perdagangan anak di Indonesia, dinilai semakin beragam dan jaringan semakin sulit dideteksi karena berbasis siber.

Bahaya eksploitasi seksual dan perdagangan anak pun, katanya, mengancam anak-anak bahkan hingga ke dalam ruang-ruang privat mereka ketika sedang mengakses internet dan media sosial.

Oleh karena itu, Susanto mengapresiasi kinerja Polri yang berhasil membongkar sejumlah kasus eksploitasi seksual dan perdagangan anak.

“Kami, KPAI, mengapresiasi Polri yang berhasil membongkar sejumlah kasus eksploitasi seksual dan perdagangan anak,” kata Susanto, dalam jumpa pers yang diadakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Sebab itulah, kata SUsanto, pelindungan anak tidak bisa dilakukan secara parsial, tetapi harus melibatkan semua pihak.

“Dulu, orang tua meminta anak masuk ke rumah saat sudah pukul 17.00 karena rumah dianggap aman. Namun saat ini, di media digital juga sudah banyak ancaman,” ujarnya menambahkan.

Susanto mengatakan aduan yang masuk ke KPAI, sebagian menyatakan bahwa anak menjadi korban perdagangan anak berawal dari penggunaan internet dan media sosial. Hal itu, kata Susanto, harus menjadi peringatan bagi orang tua dan guru. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

DPR dan Pemerintah Sepakat Bahas Lagi RKUHP, Ini Tanggapan LSM

Published

on

Pemerintah dan DPR sepakat lanjutkan pembahasan Rancangan KUHP yang di-carry over DPR periode lalu. (foto: ist/net)
Continue Reading

Ragam

Google Resmi Stop Penjualan Pixel 3 dan 3XL

Published

on

Continue Reading

Ragam

Selama Pandemi Corona, Penggunaan Wifi Alami Peningkatan

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending