Connect with us

Ragam

Lombok Utara Kembali Di Hantam Gempa

Published

on

Realitarakyat.com – Wilayah Lombok Utara diguncang gempa bumi tektonik pada Senin (17/2) pukul 00.29 WITA. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,6. Episenter terletak pada koordinat 8,30 LS dan 116,18 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 6 km Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 12 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust),” KKepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl, Seis, seperti dalam rilis yang diterima Realitarakyat.com

Dampak gempa bumi:

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara dan Lombok Barat II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi susulan:

Hingga pukul 00.45 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan.

Rekomendasi:

Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(Ilm)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Dari Vatikan, Paus Fransiskus Berdoa bagi Pekerja Media yang Bertugas Meliput Covid-19

Published

on

Foto :Paus Fransiskus saat merayakan misa harian di Casa Santa Martha, Vatican-Roma-Italia. Foto : Vatican News
Continue Reading

Ragam

Fauzi Amro Soroti Peran Kontroversi Luhut Ditengah Wabah Corona

Published

on

Continue Reading

Ragam

Resep Ikan Teri yang Sehat dan Mudah Dibuat

Published

on

Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending