Connect with us

Peristiwa

Polisi Bongkar Klinik Aborsi Ilegal di Senen

Published

on

Realitarakyat.com – Aparat kepolisian berhasil membongkar praktik ilegal aborsi pada klinik di Jalan Paseban, Senen, Jakarta Pusat. Dalam pemeriksaan, sejak beroperasi selama dua tahun, klinik tersebut telah mengaborsi 903 janin.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan klinik ilegal itu digerebek pada Selasa (11/2) siang. Saat itu, sebanyak tiga pelaku yakni MM sebagai dokter, RM sebagai bidan dan SI sebagai tenaga medis diamankan.

“Ini pengungkapan praktik aborsi yang tidak memiliki izin, kemudian juga tidak memiliki izin melakukan praktik kedokteran,” kata Yusri saat konferensi pers di lokasi kejadian, Jumat (14/2/2020).

Yusri mengatakan klinik ilegal itu beraksi sejak 2018. Dari rentang waktu itu, 903 janin diaborsi. “Saya sudah sampaikan 1.632 orang pernah ditangani di sini dengan 903 dia aborsi selama 21 bulan sejak 2018 sampai sekarang ini,” ucap Yusri.

Yusri menyebut para pelaku memasang tarif bervariasi tergantung dari usia janin. Pelaku, menurutnya, sudah mengambil untung sebanyak Rp 5,5 miliar dari praktik aborsi ini.

“Tarif ada satu bulan, dua bulan, tiga bulan, satu bulan Rp 1 juta, dua bulan Rp 2 juta, tiga bulan Rp 3 juta, di atas itu Rp 4 juta sampai Rp 15 juta,” ujarnya.

Para pelaku juga disebut merupakan residivis kasus aborsi beberapa tahun yang lalu. Mereka akan dikenakan pasal berlapis UU kesehatan UU Nomor 36 tahun 2009, UU tentang Tenaga Kesehatan UU Nomor 36 tahun 2014 dan UU RI Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran.

“Ancaman 5 tahun setiap ini, dan UU tentang kesehatan pidana 10 tahun kesehatan,” sebutnya.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Peristiwa

Antisipasi Macet Akibat Banjir, Ditlantas Polda Metro Kerahkan 450 Personel

Published

on

Continue Reading

Peristiwa

Dua Warga Cipinang Melayu Tewas Tersengat Listrik Saat Banjir

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kata Anies, Banjir Jakarta Hari Ini Bukan Kiriman

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending