Connect with us

Daerah

RS Hasan Sadikin Siap Tampung Pasien Suspek Infeksi Corona

Published

on

Realitarakyat.com – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan siap menampung pasien yang dicurigai terinfeksi Novel Coronavirus (nCoV) atau dikenal dengan virus corona. Ruang Isolasi untuk menampung pasien suspek infeksi corona juga sudah ada

“Sarana prasarana hingga alur penanganan telah disiagakan,” kata Direktur Utama RSHS, Nina Susana Dewi, di RSUP Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020).

Nina mengatakan, untuk menampung pasien suspek infeksi corona, RSHS telah menyiapkan ruang isolasi. SOP penanganan virus terkait masalah pernapasan akut seperti corona dan SARS juga telah disosialisasikan kepada seluruh petugas kesehatan.

“Sudah ada alur pelayanannya untuk pasien yang masuk dari rawat jalan ataupun IGD. Ada screeningnya, dan yang dicurigai nanti akan dipisahkan untuk diperiksa lebih lanjut. Bila terindikasi akan dimasukkan ke ruang isolasi khusus,” ungkapnya.

Selain menerima pasien yang datang memeriksakan diri sendiri, RSHS juga menerima pasien rujukan dari rumah sakit lain yang dicurigai terinfeksi virus corona.

“Ada tim dokter khusus yang disiagakan untuk melakukan screening dan pemeriksaan lanjutan terhadap suspek virus tersebut,” tambahnya.

Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Yovita Hartantri menambahkan rumah sakit juga sudah mengatur agar ada dokter jaga tiap hari dari tim khusus.

Dokter jaga dari tim khusus itu yang nantinya akan menentukan apakah pasien yang bersangkutan layak masuk ruang isolasi.

“Apabila ya, akan diambil sampel yang diperlukan. Pemeriksaan yang menentukan apakah itu Corona atau bukan ada di Litbangkes Jakarta,” jelasnya.

Adapun pasien yang akan diberi perhatian khusus, adalah pasien yang memiliki keluhan serupa influenza. Seperti gangguan pernapasan, demam, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Terutama apabila pasien tersebut sebelumnya memiliki riwayat bepergian dari negara asal virus corona.

“Dugaannya apabila pasien datang dengan penyakit seperti influenza tapi tidak mengalami perbaikan bahkan setelah diberi antibiotik. Nah itu patut dicurigai,” pungkasnya. (ris)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Ancam Pakai Sajam, Mathius dan Yermi Ditangkap

Published

on

Iptu Hasri M. Jaha
Continue Reading

Daerah

TNI AL Amankan 11 Kg Sabu dan 63 Ribu Pil Ekstasi di Perairan Meranti

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Daerah

Polsek Kelapa Lima Ringkus Pelaku Pencurian SPM

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending